Usaha Pupuk Pertanian

2 min read

Penjual Pupuk organik

Pupuk organik sangat bermanfaat bagi Tanaman, supaya tanaman bisa tumbuh sehat dan bagus. Pupuk akan selalu dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan pada tanaman sehingga bisa menjadi bisnis yang menguntungkan bagi Anda.

Jika Anda mempunyai modal yang cukup besar, Anda dapat langsung menjadi distributor pupuk dari pabrik-pabrik dan menjualnya ke toko-toko. Jika modal yang Anda miliki kecil, Anda bisa mulai membuat sendiri pupuk organik yang saat ini justru sangat banyak dicari oleh orang.

Anda tidak perlu menjadi seorang yang ahli dalam bidang pertanian hanya untuk menjalankan usaha pupuk. Anda hanya perlu memahami apa saja langkah yang akan di ambil dan dilakukan untuk memulainya.

 Jeli dalam Melihat Potensi Pasar

Kalau Anda ingin sukses dalam usaha dan berbisnis adapun langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu melihat potensi pasar. Produk Anda tidak akan bisa terjual jika tidak sesuai dengan apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar.

Pilihan untuk menjual pupuk organik pada masa pandemi ini telah menjadi keputusan yang tepat karena hampir semua orang sedang mendalami tanaman. Sebaiknya Anda melakukan beberapa survei lebih dulu untuk bisa membaca bagaimana pasar pupuk organik pada saat ini. Survei ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan beberapa catatan penting ini :

  • Berapa banyak toko yang sama sudah ada di wilayah sekitar Anda.
  • Berapa jarak antara satu toko pupuk dengan toko pupuk lainnya.
  • Bagaimana produk yang dijual pada toko pupuk lain apakah lengkap atau tidak.
  • Bagaimana pelayanan toko pupuk lain kepada para konsumen.
  • Berapa perkiraan harga pupuk yang dijual oleh toko pupuk lain.


Dengan Anda mengetahui hal penting di atas maka Anda akan bisa memperkirakan bagaimana cara untuk mendapatkan konsumen dan memenangkan persaingan dengan toko pupuk lainnya.

Mengenali Konsumen

Sesudah Anda mengetahui bagaimana kondisi pasar pupuk organik pada wilayah di sekitar Anda sekarang sudah saatnya bagi Anda untuk mengenali bagaimana calon konsumen yang akan membeli produk. Lihatlah di sekitar daerah Anda apakah lebih banyak orang yang hobinya mengoleksi tanaman hias saja dan apakah ada dianttara mereka yang membudidayakannya.


Pupuk organik yang Anda jual tentu akan lebih cepat laku jika di wilayah Anda terdapat banyakorang yang membudidayakan tanaman untuk dijual kembali. Dengan begitu Anda dapat menyediakan stok pupuk yang cukup banyak dan pupuk yang beragam untuk memenuhi kebutuhan petani yang membudidayakan tanaman hias itu.

Pilih dan Tentukan Lokasi Usaha

Tempat dimana lokasi usaha Anda juga akan memberikan pengaruh kepada berapa banyak pupuk dapat terjual kepada konsumen. Kalau letak usaha Anda termasuk di desa atau di pinggiran kota disarankan untuk membuka usaha di pusat, contohnya seperti di kecamatan dan tempat-tempat ramai lainya.


Atau Anda juga bisa membuka toko pupuk di jalan yang merupakan akses utama penghubung 2 daerah bisa juga jalan yang sering ramai dimana akan lebih banyak orang yang lewat dan relaif semakin banyak konsumen. Jika semakin mudah toko Anda dijangkau oleh orang maka akan lebih banyak juga produk yang dapat Anda jual.

Pilih Jenis Pupuk yang Dijual

Penting bagi Anda untuk mengetahui jenis pupuk organik yang sedang populer dan banyak dicari saat ini. Kalau saat ini orang sedang menyukai tanaman hias maka sediakanlah jenis pupuk yang cocok untuk tanaman hias. jika perlu Anda survei jenis tanaman hias yang paling laku sekarang dan juga cari tahu jenis pupuk organik terbaik bagi tanaman hias itu.

Sediakan Produk Sekunder

Biasanya orang-orang pergi ke toko bukan hanya untuk mencari satu jenis barang, bisa saja ia mencari perlengkapanya sekalian. Anda juga bisa menyediakan alat-alat berkebun di toko pupuk tersebut contohnya pot, polibag, vitamin untuk tanaman dll.


Peluang Bisnis Menggiurkan Bagi Kamu yang Baru Lulus Kuliah

Dewasa ini, jumlah lapangan pekerjaan seperti Magister hukum tak sepadan bersama dengan jumlah lulusan wisuda, dan termasuk kompetisi lapangan kerja yang ketat. Kamu yang...
luno
1 min read

PTN dengan Jurusan Kuliah Sastra Indonesia Akreditasi A

Salah satu pesan penting yang terdapat di teks Sumpah Pemuda ialah menghargai tinggi bahasa Indonesia. Sebagai identitas bangsa, para pemuda seharusnya enggak malu untuk...
luno
1 min read

Prodi S3 Ilmu Komunikasi UNS Luluskan Doktor Pertama

Program Studi (Prodi) S3 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meluluskan banyak doktor S3 pertama atas...
luno
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.