Tradisi Cuci Karpet di Sumber Umbulan Jelang Ramadhan

1 min read

tradisi cuci karpet

Jelang Ramadhan tentu banyak kegiatan yang akan dilakukan, baik di masjid atau rumah. Hal tersebut sudah mengakar di beberapa daerah, salah satunya tradisi cuci karpet di Pasuruan, Jatim. Ini tidak lain sebagai upaya penyambutan hari yang suci. Terutama untuk kamu yang kaum Muslimin, pasti akan merasa bahagia dengan datangnya hari tersebut.

Biasanya aktivitas yang sering dilakukan menjelang hari Ramadhan yaitu membersihkan area masjid, mencuci karpet dan masih banyak lagi. Hal seperti itu sudah sering dilakukan dari tahun ke tahun, sehingga dapat dikatakan sebagai sebuah tradisi.

baca juga: laundry karpet bekasi

Tradisi Cuci Karpet Menyambut Hari Jelang Ramadhan

Selanjutnya kita akan membahas mengenai kegiatan mencuci karet, karena akan banyak yang melakukan hal ini. Di bawah ini juga akan ada ulasan mengenai pencucian karpet di daerah Umbulan, penasaran dengan aktivitasnya? Simak baik-baik penjelasan berikut.

Tradisi Cuci Karpet di Desa Umbulan

Sumber air umbulan yang berada di Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur selalu ramai. Terutama ketika akan menjelang hari Ramadhan, banyak ratusan warga yang mudik ke sumber air tersebut.

Aktivitas yang mereka lakukan bukan hanya sekedar mandi, namun juga untuk mencuci karpet masjid. Hal tersebut sudah sering dilakukan, bahkan sudah menjadi sebuah tradisi dari dahulu. Tidak ada ritual khusus dalam hal ini, namun hanya sekedar membersihkan perlengkapan masjid yang akan digunakan selama Ramadhan.

baca juga: laundry jok mobil bekasi

Baik remaja bahkan orang dewasa, akan bergotong royong untuk mencuci karpet. Selanjutnya setelah mereka selesai membersihkan, maka karpet akan mereka jemur di beberapa tempat dekat sumber air tersebut.

Aktivitas yang dilakukan di sana karena tempat tersebut, memiliki debit air yang besar, mencapai 3.500 liter per detiknya. Lokasinya pun sangat luas, sehingga dapat menampung banyak orang yang akan mencuci. Biasanya aktivitas tersebut dilakukan seminggu sebelum Ramadhan, dan berakhir sebelum memasuki masa puasa.

Pencucian karpet seperti ini juga rutin dilakukan, bahkan sudah bertahun-tahun lamanya. Ketika tempat air tersebut sudah penuh untuk penjemuran, maka warga akan membawa karpet basah pulang untuk dijemur sendiri.

Tradisi cuci karpet tersebut tidak pernah alpa digelar ketika jelang Ramadhan. Mungkin juga setiap daerah memiliki tradisi masing-masing. Namun rata-rata seperti itulah yang dilakukan, bertujuan supaya perlengkapan Ramadhan selalu bersih.

Mendapatkan Uang di Aplikasi My Orchard Penghasil Uang

Seperti yang telah mimin jelaskan sebelumnya bahwa sobat lipsku pengguna baru dan baru terdaftar di aplikasi penghasil uang ini berhak mendapatkan saldo bonus pendaftaran...
luno
3 min read

Tips Kuliah Kedokteran yang Harus Kamu Ketahui!

Layaknya anda ketahui, sekolah kedokteran memang kerap disebut-sebut sebagai tidak benar satu jurusan yang lumayan bergengsi dan harganya juga memadai mahal. Benarkah demikian? Coba...
luno
1 min read

Cara Mudah Lolos Kuliah Kedokteran Di Tahun ini

Masuk perguruan tinggi kedokteran memang jadi tidak benar satu keinginan bagi apra siswa atau siswi kelas 3 SMA terutama untuk jurusan Ipa. Akan tapi...
luno
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.