Prodi S3 Ilmu Komunikasi UNS Luluskan Doktor Pertama

1 min read

Program Studi (Prodi) S3 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meluluskan banyak doktor S3 pertama atas nama Emi Widiyanti. Emi yang merupakan dosen Prodi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Fakultas Pertanian (FP) UNS selanjutnya berhasil menjaga disertasinya dihadapan penguji dengan judul ‘Negosiasi Identitas Komunikasi Petani Milenial dan Petani Progresif di Era Agriculture 4.0’.

Dalam Ujian Terbuka Promosi Doktor Prodi S3 Ilmu Komunikasi FISIP UNS, bertindak sebagai Promotor yakni Prof. Ravik Karsidi, Co Promotor 1, Prof. Mahendra Wijaya dan Co Promotor 2, Prahastiwi Utari, Ph.D. Kemudian sebagai penguji diketuai oleh Prof. Ahmad Yunus, Sekretaris Prof. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni dengan anggota Prof. Suwarto, Prof. Pawito dan Dr. Andre Rahmanto.

Dalam disertasinya, Emi menganjurkan kepada tenaga penyuluh pertanian untuk beri tambahan literasi teknologi komunikasi agar petani membawa identitas komunikasi petani milenial dan petani progresif. Literasi teknologi komunikasi membawa dampak pada pergantian sosial yang tercatat pada sejarah manusia.

“Struktur sosial menjadi proses pembentukan stereotipe yang dinegosiasikan di dalam pemilihan kompetensi dengan adanya penentukan kompetensi”, ujar Emi.


Emi mengungkap bahwa negoisasi identitas komunikasi petani milenial dan progresif membawa cara pandang alih teknologi, sosial, budaya dan lingkungan.


“Saya mendapatkan bahwa kompetensi, keberanian memotivasi di pada petani, perlindungan budaya dan perlindungan lingkungan yang terkandung pada petani milenial sanggup menjadi penyuluh untuk petani lainnya,” imbuh Emi.

Negoisasi identitas komunikasi berjalan disebabkan oleh situasi terkini yang dihadapi petani di mana profesi petani terancam gara-gara adanya profesi di perkotaan.Emi beri tambahan bahwa petani memerlukan peningkatan kompetensi komunikasi untuk mengatakan bahwa profesi petani merupakan profesi profesional pada susunan masyarakat.

Untuk menolong kompetensi komunikasi pada petani, maka dibutuhkan peranan tenaga penyuluh untuk beri tambahan penyuluhan pada materi kompetensi komunikasi dan tehnik pertanian. Pada akhir sesi, Emi mengungkap pada petani milenial bahwa peranan penting ibu dan istri pada petani progresif yakni sebagai pendorong utama pada negoisasi identitas komunikasi.

Cara Bikin Bakso Urat Yang Enak

luno
2 min read

Cara Membuat Dak Beton Tidak Bocor

Mengetahui cara sebabkan dak beton tidak bocor adalah perihal penting kecuali Anda merencanakan memperluas rumah. Dak beton sendiri bisa jadi pilihan untuk tingkatkan lantai...
luno
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.