Cara Mudah Pengolahan Biji Kakao Menjadi Coklat

2 min read

pengolahan biji kakao menjadi coklat

Pengolahan Biji Kakao Menjadi Coklat Ada pakem atau pola tertentu yang dengan terus-menerus dilakukan untuk membuat coklat. Akan tetapi, masing-masing produsen bisa mengaplikasikan penyempurnaan dengan sendiri selama proses pembuatan untuk memperoleh produk kakao serta coklat sesuai dengan yang Anda inginkan. PT Wahana Interfood Nusantara, Tbk merupakan termasuk salah satu dari sedikit perusahaan di Indonesia yang membuat kakao dan coklat mulai dari biji sampai produk jadi.

Pengolahan Biji Kakao Menjadi Coklat

Bagaimana coklat dibuat? Dari biji sampai menjadi coklat batangan

Pernahkan Anda membayangkan, “bagaimana cara membuat coklat” Mari bersama-sama kita telusuri proses pembuatannya, pertama dimulai dengan kedatangan biji kakao ke pabrik.

Proses pembersihan dan pemilihan biji

Sesudah biji kakao diseleksi dengan teliti, biji-biji tersebut kemudian dibersihkan menggunakan mesin pembersih yang mengeliminasi benda-benda asing yang mungkin masih melekat pada biji kakao tersebut. Biji kakao lalu ditimbang serta disortir berdasarkan jenisnya sehingga menjadi seorang produsen harus tahu persis jenis kakao apa yang akan menghasilkan coklat yang bagus dan berkualitas. Produsen juga harus berhati-hati ketika mengukur supaya rasanya tetap sama dari waktu ke waktu. Biji kakao dengan varietas yang berbeda-beda dipadukan dengan tepat untuk mendapatkan suatu citarasa coklat yang diinginkan.

Mengembangkan formula yang tepat yaitu bagian yang tidak terpisahkan dari seni serta ilmu pembuatan coklat. PT. Wahana Interfood Nusantara, Tbk hanya memilih fermentasi yang terbaik dari biji kakao jenis criollo serta trinitario untuk memastikan citarasa yang sesuai dengan standar dari perusahaan tersebut.

Pemanggangan Biji Kakao

Biji kakao dipanggang terlebih dahulu untuk mengembangkan karakter dari rasa khas coklat. Biji-biji tersebut dipanggang menggunakan oven yang besar sembari diputar. Dengan berdasarkan pada varietas kakao serta hasil akhir yang ingin dicapai, sehingga proses pemanggangan ini berlangsung antara tiga puluh menit hingga dua jam dengan menggunakan suhu yang sangat tinggi. Di dalam proses pemanggangan warna biji kakao akan berubah coklat serta akan tercium aroma coklat. Sesudah pemanggangan, kemudian biji kakao akan pecah dan terpisah, cangkang luarnya pecah menyisakan serpihan dari biji kakao saja. Pada titik ini, kita mempunyai sesuatu yang dapat dimakan, yang benar-benar coklat, serta rasanya yang benar-benar pahit. Untuk dagingnya, larutan alkali (dutched proses) ditambahkan untuk mengurangi rasa asam serta membuat nib kakao lebih gelap.

Penggilingan kakao massa

Nib kakao yang sudah dipanggang kemudian digiling lalu ditumbuk hingga membentuk kakao massa. Kakao massa tidak mengandung alkohol dan bisa juga diartikan juga sebagai cairan coklat. Kakao massa dapat diperas untuk menjelma dan akan menjadi lemak kakao atau kakao bubuk, atau jika dicetak lalu dipadatkan akan menjadi coklat pahit.

Perasan Kakao

Untuk membuat kakao, kakao massa diperas secara hidrolik untuk menghasilkan bagian lemak kakao dari kakao massa, sampai menyisakan cocoa cakes. Lemak kakao akan digunakan untuk obat-obatan, kosmetik, serta tentu saja dalam pembuatan coklat. Dan sisa dari padatan kakao lainnya ini jika dihaluskan akan menjadi kakao bubuk.

Pencampuran dan Penghilangan

Sekarang kita masuk ke bagian coklatnya. Massa kakao sendiri sebetulnya pahit serta teksturnya tidak begitu lembut. Untuk membuat berbagai macam jenis coklat yang berbeda-beda (untuk membuatnya menjadi manis serta untuk mengembangkan teksturnya), Produsen akan menambahkan beberapa macam bahan lainnya di dalam jumlah tertentu misalnya seperti gula, lemak kakao, vanilla, serta susu. Bahan-bahan tadi akan dicampur dan akan menjadi pasta dengan menggunakan adonan yang konsisten.

Anda dapat memakan ini sekarang, karena rasanya yang cukup enak, akan tetapi memang teksturnya belum mirip dengan apa yang biasa Anda bayangkan sebagai coklat batangan. Pada proses ini, gula serta kakao masih mempunyai tekstur yang cukup kasar. Sehingga produsen menyiasatinya dengan memasukkan campuran ini ke dalam proses penyulingan, juga ke dalam rol, untuk memperbaiki tekstur serta untuk melunakkan pasta. Proses ini sangat penting untuk menentukan seberapa lembutnya coklat yang nantinya akan terasa ketika dimakan.

Conching

Untuk memperhalus tekstur, dan jika ingin untuk benar-benar mengeluarkan citarasa coklatnya, campuran tadi lalu memasuki tahapan conching. Conching ialah proses pengembangan rasa di mana coklat ditempatkan dalam proses pengadukan secara konstan. Mesin conching yang dinamai dengan chonces, memiliki dayung yang kuat dan juga besar untuk menyapukan coklat ke depan dan belakang menuju tahapan penghalusan massa coklat yang dpat berlangsung beberapa jam hingga berhari-hari. Proses conching ini untuk mengurangi kelembaban, menghilangkan semua rasa asam, serta bisa untuk melapisi setiap artikel coklat dengan lapisan dari lemak kakao. Nantinya, coklat yang dihasilkan memiliki tekstur yang lebih lembut dan juga dalam rasa juga akan terasa lebih lembut.

Proses tempering dan pencetakan

Coklat lalu memasuki proses pengembangan elastisitas dengan proses pemanasan dan pendinginan atau yang disebut dengan tempering. Proses ini menghasilkan Kristal lemak kakao kecil yang berada di dalam massa coklat yang cair. Ini lalu disimpan kedalam cetakan yang memiliki berbagai macam jenis bentuk misalnya seperti cetakan butiran (chips), tetesan, dan blok. Proses tempering yang tepat akan menjadikan produk akhir yang mempunyai tampilan yang lembut serta juga menghasilkan hasil yang mengkilat.

Pendinginan dan pengepakan

Coklat yang sudah dicetak kemudian memasuki terowongan pendingin untuk memadatkan bagian-bagian dari coklat. Siklus pendinginan berlangsung selama kurang lebih dua puluh menit, tergantung dengan ukuran dari coklatnya. Dari terowongan pendingin coklat lalu dikemas untuk diantarkan ke pengecer hingga akhirnya sampai ke tangan para konsumen.

Demikian artikel tentang Pengolahan Biji Kakao Menjadi Coklat, semoga bisa bermanfaat!

Peluang Bisnis Menggiurkan Bagi Kamu yang Baru Lulus Kuliah

Dewasa ini, jumlah lapangan pekerjaan seperti Magister hukum tak sepadan bersama dengan jumlah lulusan wisuda, dan termasuk kompetisi lapangan kerja yang ketat. Kamu yang...
luno
1 min read

PTN dengan Jurusan Kuliah Sastra Indonesia Akreditasi A

Salah satu pesan penting yang terdapat di teks Sumpah Pemuda ialah menghargai tinggi bahasa Indonesia. Sebagai identitas bangsa, para pemuda seharusnya enggak malu untuk...
luno
1 min read

Prodi S3 Ilmu Komunikasi UNS Luluskan Doktor Pertama

Program Studi (Prodi) S3 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meluluskan banyak doktor S3 pertama atas...
luno
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.