Pengertian TDUP dan Siapa yang Terlibat Dalam Usaha Perfilman

1 min read

tdup

Dengan semakin ramainya industri perfilman yang ada di Indonesia, membuat beberapa jenis usaha yang bergerak di bidang perfilman membutuhkan TDUP. TDUP tersebut merupakan surat tanda pengesahan yang dikeluarkan oleh Menteri pada beberapa jenis bidang usaha perfilman tertentu. Oleh karenanya, dalam artikel ini akan dibahas mengenai TDUP dan siapa saja yang bisa terlibat dalam usaha perfilman. 

TDUP Adalah?

TDUP merupakan singkatan dari Tanda Daftar Usaha Perfilman yang merupakan dokumen dalam bentuk surat pengesahan dari kementerian yang terkait. Adanya TDUP tersebut membantu agar jenis usaha di bidang perfilman bisa menjalankan usahanya dengan baik dan sah secara hukum yang berlaku. 

Dalam surat tersebut akan tercantumkan beberapa batasan hingga aturan terkait dengan kegiatan perfilman yang dilakukan.

TDUP ini nantinya akan sangat berhubungan dengan izin usaha perfilman yang mana masing-masing jenis usaha tertentu akan perlu didaftarkan atau mendapatkan izin dari Menteri.  

Jika berdasarkan Pasal 19 UU Perfilman, pembuatan film bisa dilakukan dalam bentuk film non-cerita atau cerita seperti berita dan materi siaran yang disiarkan secara langsung oleh lembaga penyiaran televisi. 

Film cerita tersebut seperti film yang mengandung cerita termasuk film animasi atau film experimental. Sedangkan contoh film non cerita seperti film animasi, iklan, film seni, film pendidikan dan film dokumenter. 

Siapa yang Bisa Terlibat Dalam Usaha Perfilman?

1. Pelaku usaha non-perorangan

Pelaku usaha non perorangan merupakan PT atau CV yang terbentuk dari beberapa orang atau tim. Sehingga bisa dikatakan cakupannya cukup luas. 

Selain itu, semua tim bisa melakukan penyewaan, penjualan, atau melakukan impor ke berbagai negara dikarenakan jangkauannya yang cukup luas. 

2. Pelaku usaha perorangan

Bagi pelaku usaha perorangan juga penting untuk mengetahui tentang TDUP walaupun tidak mendirikan PT atau CV dalam bidang perfilman tersebut. Biasanya para pelaku usaha ini diperbolehkan untuk menjual, menyewa atau pengarsip film. Dengan begitu, karyanya bisa dinikmati oleh berbagai macam orang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.