Pengertian Jurusan Teknik Industri

1 min read

Secara sederhana, jurusan Teknik Industri mempelajari bagaimana caranya mengelola sebuah pabrik sehingga bisa beroperasi secara produktif, efisien dan efisien. Seorang sarjana tehnik industri dituntut tidak cuma menguasai bidang tehnik saja, tapi juga segi manajemen dan pemasaran. Di pundak sarjana tehnik industri-lah, operasional sebuah pabrik berada.

Di dalam sebuah pabrik banyak komponen yang terlibat, terasa berasal dari sesuaikan SDM (karyawan), bahan baku, kebutuhan kekuatan listrik, pengolahan kimia, pengelolaan bangunan, sampai menentukan harga menjual produk sehingga bisa beradu di pasaran.

Dengan tanggung jawab seperti itu, tidak heran kalau jurusan Teknik Industri akan mempelajari mata kuliah “gado-gado” (dalam arti yang positif). Maksudnya, di jurusan Teknik Industri akan dipelajari materi dasar nyaris semua bidang teknik.

Tidak jarang di universitas nanti kamu akan ikut belajar nge-las bersama teman-teman berasal dari tehnik elektro, ikut ke labor bersama teman-teman berasal dari tehnik kimia, ikut belajar pemrograman bersama teman-teman berasal dari tehnik informatika, sampai belajar teori pemasaran di Fakultas Ekonomi.

Tapi bukan berarti mata kuliahnya jadi sangat banyak, karena yang dipelajari cuma dasar saja. Diharapkan bersama menguasai banyak dasar ilmu teknik, seorang sarjana Teknik Industri bisa merumuskan solusi sehingga kapasitas produksi pabrik bisa terjadi bersama baik.

Jika nantinya tersedia masalah terhadap kelistrikan, sarjana Teknik Industri harus bisa berkomunikasi bersama karyawan PLN perihal istilah-istilah listrik. Jika nanti terkandung rintangan di software, sarjana Teknik Industri bisa menganalisis anggota yang keliru dan melacak programmer yang sebenarnya pakar di bidang tersebut. Sehingga diinginkan operasional pabrik bisa terjadi bersama baik.

Untuk penjelasan yang lebih teknis, tersebut definisi jurusan Teknik Industri yang saya kutip berasal dari situs Teknik Industri ITB:

“Seorang tehnik industri adalah seorang yang berhadapan bersama sistem. Mereka mempunyai kekuatan untuk merancang, mengimplementasi, maupun menambah sebuah sistem terintegrasi yang terdiri berasal dari manusia, mesin, material, informasi, atau energi. Seorang tehnik industri bisa menemukan langkah yang lebih baik dalam hal apapun.

Kata kunci tehnik industri adalah produktifitas, efektivitas, dan efisiensi”

Dan tersebut definisi jurusan Teknik Industri yang saya kutip berasal dari situs Teknik Industri UI:

“Teknik industri berfokus kepada perancangan, peningkatan dan instalasi berasal dari sistem terintegrasi yang terdiri atas manusia, material, peralatan dan kekuatan untuk menspesifikasikan, memprediksi dan mengevaluasi hasil yang diperoleh berasal dari sebuah sistem terintegrasi, oleh karena itu dibutuhkan ilmu dan keahlian dalam bidang matematika, fisika dan ilmu-ilmu sosial dan juga prinsip dan metodologi teknik/rekayasa.”

Peluang Bisnis Menggiurkan Bagi Kamu yang Baru Lulus Kuliah

Dewasa ini, jumlah lapangan pekerjaan seperti Magister hukum tak sepadan bersama dengan jumlah lulusan wisuda, dan termasuk kompetisi lapangan kerja yang ketat. Kamu yang...
luno
1 min read

PTN dengan Jurusan Kuliah Sastra Indonesia Akreditasi A

Salah satu pesan penting yang terdapat di teks Sumpah Pemuda ialah menghargai tinggi bahasa Indonesia. Sebagai identitas bangsa, para pemuda seharusnya enggak malu untuk...
luno
1 min read

Prodi S3 Ilmu Komunikasi UNS Luluskan Doktor Pertama

Program Studi (Prodi) S3 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meluluskan banyak doktor S3 pertama atas...
luno
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.