Pahami Surat Perjanjian Kerja Sebelum Bekerja

1 min read

kontrak kerja

Untuk Anda yang baru memulai bekerja khususnya dalam dunia profesional, tentu Anda akan dihadapkan dengan kontrak atau surat perjanjian kerja. Dimana kontrak kerja ini akan memuat beberapa hal yang harus dipenuhi oleh yang melakukan perjanjiannya. 

Sudah menjadi hal umum jika suatu perusahaan akan memberikan surat perjanjian kerja terhadap karyawan barunya, baik untuk karyawan tetap, magang atau bahkan karyawan kontrak. Kontrak kerja karyawan ini akan disesuaikan dengan status pekerjanya masing-masing, sehingga dalam isi kontrak tersebut terdapat perbedaan yang mendasar. 

Apa itu Kontrak Kerja? 

Secara definisi tidak ada penjelasan spesifik mengenai kontrak kerja, namun sederhananya kontrak kerja ini merupakan perjanjian tertulis yang dibuat oleh perusahaan untuk karyawan barunya, dalam hal syarat kerja, hak dan kewajiban pekerja selama bekerja di perusahaan tersebut. 

Selain itu kewajiban perusahaan dalam memberikan kontrak kerja kepada calon karyawannya itu sudah diatur dalam Undang-Undang, sehingga sebelum melakukan kerjasama sebaik-baiknya perusahaan harus membuat kontrak kerja terlebih dahulu. 

Jenis-Jenis Surat Perjanjian Kerja

Setelah Anda mengetahui definisi sederhana tentang perjanjian kerja, sebaiknya Anda mengenal jenis-jenis kontrak kerja yang umum digunakan dalam dunia kerja. 

  1. Perjanjian Kerja Waktu Tertentu 

Jenis perjanjian kerja pertama yakni perjanjian kerja waktu tertentu atau biasa disingkat PKWT, surat perjanjian kerja ini merupakan surat perjanjian kerja untuk seorang karyawan yang bekerja dalam satu perusahaan untuk waktu tertentu. 

Penjelasan lengkapnya, seorang karyawan tersebut hanya bekerja sesuai waktu yang telah disepakati bersama dengan perusahaan, semisalkan durasi bekerja 2 tahun atau lebih. 

  1. Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu 

Selanjutnya perjanjian kerja waktu tidak tertentu atau PKWTT, surat perjanjian kerja ini merupakan jenis surat perjanjian kerja untuk karyawan yang bekerja tanpa batas waktu bekerja di perusahaan tersebut. Atau biasanya orang lebih mengenal dengan karyawan tetap. 

Untuk berakhirnya surat perjanjian kerja ini hanya dapat ketika karyawan tersebut memundurkan diri, perusahaan melakukan PHK, karyawan pensiun atau meninggal dunia. Mengingat perjanjian kerja ini sifatnya mengikat, biasanya perusahaan tidak langsung memberikan kontrak kerja ini, dan akan melakukan masa percobaan terlebih dahulu kepada karyawan tersebut. 

Itulah penjelasan mengenai kontrak kerja yang dapat Anda ketahui, sebelum Anda memutuskan untuk melamar kerja ke beberapa perusahaan lebih baik Anda mengenal kontrak kerja terlebih dahulu.  

Review Ludo Winner APK Game Penghasil Uang

Ludo Winner APK adalah sebuah game penghasil uang yang dimana tugas sobat adalah mengumpulkan banyak sekali koin rupiah dengan memenangkan pertandingan ludo, permainan monopoli, memainkan...
luno
2 min read

Cara Menghasilkan Uang di Bebebe ID Apk

Pada dasarnya, Bebebe ID Apk bukanlah aplikasi yang dapat diinstal di Android atau iOS. Aplikasi Bebebe ID Apk tidak dapat diinstal pada perangkat smartphone...
luno
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.