Mau Beli Produk Luar Negeri Yang Aman, Cek Bpom

1 min read

Perdagangan produk luar negeri yang masuk ke pasar Indonesia kerap membuat konsumen resah. Tidak jarang produk palsu diperjualbelikan secara luas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
Oleh karena itu, perlu diketahui cara pemeriksaan BPOM produk luar dan dalam negeri untuk memastikan keaslian produk. Upaya ini dapat menjadi tindakan preventif untuk mengurangi potensi kerugian dari sesuatu yang dikonsumsi atau digunakan.
Di Indonesia terdapat badan atau lembaga khusus yang menangani masalah produk yaitu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
Mengutip Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan Pasal 2, misi BPOM adalah melaksanakan kebijakan di bidang pengawasan obat dan makanan yang meliputi pengawasan produk terapeutik dan narkotika Zat psikotropika, zat adiktif, obat tradisional, kosmetika, produk pelengkap, pengawasan keamanan pangan, dan zat berbahaya.
Pada umumnya produk yang telah mendapat izin dari BPOM memiliki private label. Tanda ini membuktikan bahwa produk tersebut telah teruji dan aman untuk dikonsumsi atau digunakan. Namun, untuk lebih yakinnya, Anda bisa mengecek keasliannya melalui laman BPOM atau aplikasi Cek Noreg BPOM di ponsel Anda.


Cara cek BPOM produk luar negeri
Launching laman e-bpom.pom.go.id, untuk mengecek keaslian dan peredaran produk luar negeri, pastikan produk tersebut memiliki sertifikat impor (SKI) dan terdaftar di sistem BPOM. Jika kedua aspek tersebut terpenuhi, maka produk asing tersebut aman untuk digunakan.
Sertifikat impor harus dimiliki oleh importir untuk memastikan produk luar negeri yang akan diedarkan aman dan diizinkan untuk diperdagangkan.
Berdasarkan Surat Edaran No. TU.00.01.23.0547, BPOM memfasilitasi importir untuk mengajukan Surat Keterangan Impor (SKI) secara online. Selain itu, mereka akan mendapatkan SKI secara elektronik melalui aplikasi e-bpom.
Cara cek produk lokal melalui halaman resmi BPOM
Verifikasi keaslian produk dapat diakses dengan memasukkan nomor produk yang terdaftar di BPOM. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Kunjungi https://cekbpom.pom.go.id/ melalui browser di laptop, komputer atau handphone.
Selanjutnya, atur kategori pencarian produk yang diinginkan seperti nomor registrasi, merek dan nama produk untuk perusahaan registrasi produk.
Pada halaman utama situs, terdapat dua kolom dengan tulisan “Search by” dan “Keywords”. Untuk kolom pertama, Anda dapat memilih kategori “Nama Registrar”. Sedangkan pada kolom kedua, isikan kata kunci berupa nama perusahaan produk yang didaftarkan. Terus klik “Cari”.
Untuk produk merek luar negeri, Anda bisa mengeceknya dengan memilih kolom kategori “Merek”. Informasi tentang nomor registrasi, jenis produk dan nama pendaftar akan muncul di layar.
Telah selesai.
Perlu diketahui bahwa data tersebut akan muncul secara otomatis ketika perusahaan tersebut resmi terdaftar. Namun, jika Anda tidak dapat menemukannya, Anda perlu ekstra waspada dalam menggunakan produk tersebut.

Makna mimpi kadal menurut primbon jawa

Firasat apa yang terkandung dalam mimpi melihat banyak kadal masuk rumah? Mungkin beberapa pertanyaan diatas sempat terlintas dibenak Anda, dan berikut arti mimpi kadal...
luno
1 min read

Arti Mimpi Digigit Lintah Versi Agama dan Psikologi

Arti Mimpi Digigit Lintah Versi Tafsir Islam dan Psikologi. Karena kami hanyalah manusia biasa, dan tentu sebagai manusia tak luput dari salah dan khilaf....
luno
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.