Manfaat Sabut Kelapa Yang Wajib Diketahui

3 min read

manfaat sabut kelapa

Manfaat sabut kelapa yang bisa dihasilkan dari pohon ini juga tak kalah penting dengan pohon yang lain.

Siapa lagi yang tak mengenal kelapa? Pohon yang biasanya menjulang tinggi dan juga mempunyai buah yang besar-besar ini merupakan salah satu jenis pohon yang juga banyak dimanfaatkan oleh manusia. Terutama untuk mereka yang tempat tinggalnya di daerah tropis yang cenderung lebih udaranya panas. Pohon kelapa atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan nama coconut ini mempunyai banyak sekali khasiat bagi kehidupan kita.

Berikut di bawah ini ialah beberapa bagian-bagian dari pohon kelapa yang kerap kali dimanfaatkan, selain bagian air dan daging buahnya saja:

  1. Batok kelapa dapat dimanfaatkan menjadi bahan baku untuk pembuatan arang batok kelapa.
  2. Daun pohon kelapa sering dimanfaatkan menjadi salah satu jenis daun pembungkus untuk makanan
  3. Batang atau ruas dari jari-jari daun kelapa kerap kali dimanfaatkan untuk dijadikan salah satu bahan dasar dalam proses pembuatan sapu lidi

Tak hanya manfaat bagian kelapa itu saja, ternyata masih terdapat satu lagi bagian dari kelapa yang dapat dimanfaatkan, yaitu sabut dari buah kelapa. Walaupun merupakan sabut kelapa salah satu jenis limbah, tapi demikian, manfaat dari sabut kelapa faktanya bisa digunakan menjadi berbagai hal. Apa sajakah manfaat yang dihasilkan oleh sabut kelapa? Berikut di bawah ini adalah beberapa di antaranya :

1. Pembuatan sapu ijuk

manfaat sabut kelapa

Sapu ijuk sepertinya merupakan salah satu jenis peralatan rumah tangga yang tidak bisa di lepas dari kehidupan bersih-bersih para ibu rumah tangga ataupun bagi asisten rumah tangga. Ya, sapu ijuk merupakan salah satu dari jenis sapu yang salah satunya dibuat dengan memakai limbah dari pengolahan buah kelapa, yaitu sabut kelapa.

Manfaat sabut kelapa yang telah kering atau tua umumnya akan diolah sedemikian rupa. Dan pada akhirnya nantinya akan terbentuk menjadi serabut-serabut yang tipis, kemudian diikat dan dijadikan satu dan jadilah sapu ijuk, yang sudah sering kita gunakan sehari-harinya untuk membersihkan lantai.

2. Media pembakaran pengganti kertas

Bagi yang kerap membuat arang dari batok kelapa, tentunya juga sering memanfaatkan sabut kelapa menjadi salah satu media untuk membantu proses pembakaran batok kelapa tersebut. Anda juga bisa melihat proses pemanfaatan sabut kelapa sebagai alat pembakaran ini di berbagai restoran restoran padang sebagai pengganti untuk kertas. Hal ini dikarenakan oleh sifat alami yang ditimbulkan oleh sabut kelapa itu sendiri yang bersifat mudah terbakar dan bisa menghasilkan api yang baik.

3. Pembuatan pupuk organik

manfaat sabut kelapa

Siapa sangka, nyatanya manfaat sabut kelapa pun bisa diolah dan juga dimanfaatkan menjadi salah satu macam dari pupuk organik. Pupuk organik yang dibuat dengan memakai sabut kelapa ini bisa untuk menyimpang air 60% lebih banyak daripada menggunakan pupuk biasa. Hal ini tentu saja bisa sangat bermanfaat untuk daerah yang sedang mengalami curah hujan yang rendah atau juga daerah yang sedang mengalami kekeringan.

Selain itu juga, sabut kelapa juga mempunyai kandungan unsur hara dan juga mineral yang sangat baik bagi proses pertumbuhan tanaman itu sendiri, sehingga memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan pupuk organik.

4. Menetralisir air dan bau semen pada kolam ikan yang bar dibuat

Untuk para pengusaha ikan, baik itu ikan hias maupun ikan ternak yang ditempatkan di kolam-kolam yang terbuat dari semen, tentunya sabut kelapa sudah tak asing lagi bagi telinga Anda. Ya, sabut kelapa kerap kali dimanfaatkan untuk menetralisirkan kandungan air yang ada di kolam yang baru saja selesai dibuat, dan juga dipakai untuk menghilangkan bau semen dari kolam tersebut.

Mengapa demikian? Karena ikan yang langsung saja dimasukkan ke dalam kolam yang baru saja dibuat itu kemungkinan besar akan mati. Hal ini disebabkan ikan tidak tahan dengan campuran air dan juga bau dari semen yang ditimbulkan oleh kolam itu sendiri.

5. Pembuatan briket ramah lingkungan

manfaat sabut kelapa

Nyatanya, sabut kelapa juga mempunyai manfaat yang sangat baik bagi proses pembuatan briket. Selama ini, yang biasa kita kenal, briket hanyalah terbuat dari batu bara, tetapi demikian, ternyata briket juga bisa diolah menjadi briket yang dibuat dari limbah, salah satunya ialah sabut kelapa.

Hal ini tentu saja merupakan suatu penemuan yang sangat menarik, karena selain ramah terhadap lingkungan, biaya produksi dari proses pembuatan briket ini pun bisa jauh lebih murah daripada menggunakan batu bara.

6. Pembuatan kerajinan tangan

Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki banyak ragam macam suku bangsanya. Dengan adanya berbagai macam suku bangsa ini juga, Indonesia juga mempunyai berbagai macam jenis kerajinan tangan yang sangat unik dan juga menarik. Salah satunya kerajinan tangan yang menarik ialah memanfaatkan sabut kelapa untuk dibuat menjadi bentuk tas, dompet, dan juga bentuk – bentuk hiasan yang lainnya dan pajangan.

7. Pembuatan cocomesh

Cocomesh merupakan jaring sabut kelapa yang baik untuk membantu proses reklamasi daerah tambang, pantai, atau hutan.
Sabut kelapa memiliki sifat yang bisa menyimpan air dengan jangka waktu yang lama mengakibatkan permukaan tanah yang ditumbuhi dengan bahan tersebut menahan kelembapan.

Hal tersebut bisa mempengaruhi struktur pada tanah sehingga sangat mudah untuk ditanami dengan menggunakan penanaman benih atau biji, selain itu cocomesh jaring sabut kelapa sebagai pengganti tanah pada saat menanam benih atau bibit tanaman.

Sifatnya yang biodegradable dan kuat, mampu membantu memfasilitasi pertumbuhan tanaman baru pada lahan Cocomesh jaring sabut kelapa yang ditempatkan pada lahan bekas kegiatan tambang.

8. Sebagai bahan baki spring bed dan juga jok

manfaat sabut kelapa

Untuk Anda yang mungkin belum tahu, beberapa jenis jok mobil dan juga kasur spring bed atau tempat tidur dibuat dengan memakai bahan utama yang diolah dari sabut kelapa. Ya, sabut kelapa terlebih dulu diolah menjadi cocofiber yang berupa serat-serat dari sabut kelapa.

Kemudian dijadikan satu dengan bentuk lembaran, lalu disupplai di pabrik jok mobil ataupun pabrik spring bed untuk kemudian akan dijual ke pasaran.

9. Pembuatan keset

manfaat sabut kelapa

Manfaat lainnya yang dihasilkan dari sabut kelapa yang harus Anda tahu, dan mungkin juga telah Anda tahu ialah dimanfaatkan untuk pembuatan keset. Keset ini mempunyai bahan baku yang hampir mirip dengan sapu ijuk dan cocofiber. Umumnya keset yang terbuat dari sabut kelapa ini diletakkan di bagian luar rumah.

Kelapa merupakan salah satu jenis buah-buahan tropis yang sangat populer karena manfaatnya untuk manusia dan hewan. Air yang ada pada buah kelapa bisa bermanfaat menjadi salah satu media penyegaran, dan bisa juga mengganti cairan dalam tubuh yang sudah hilang karena beraktivitas seharian. Hampir semua bagian dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan oleh kebutuhan tertentu, karena itu, kelapa termasuk salah satu dari jenis pohon yang multifungsi. Hal ini tidak akan lepas dari kehidupan masyarakat, terutama bagi masyarakat yang tempat tinggalnya di daerah pesisir pantai.

Nah, itulah beberapa manfaat dari sabut kelapa yang harus Anda tahu. Semoga pembahasan artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Peluang Bisnis Menggiurkan Bagi Kamu yang Baru Lulus Kuliah

Dewasa ini, jumlah lapangan pekerjaan seperti Magister hukum tak sepadan bersama dengan jumlah lulusan wisuda, dan termasuk kompetisi lapangan kerja yang ketat. Kamu yang...
luno
1 min read

PTN dengan Jurusan Kuliah Sastra Indonesia Akreditasi A

Salah satu pesan penting yang terdapat di teks Sumpah Pemuda ialah menghargai tinggi bahasa Indonesia. Sebagai identitas bangsa, para pemuda seharusnya enggak malu untuk...
luno
1 min read

Prodi S3 Ilmu Komunikasi UNS Luluskan Doktor Pertama

Program Studi (Prodi) S3 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meluluskan banyak doktor S3 pertama atas...
luno
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.