Manfaat Makan Buah Coklat

3 min read

manfaat makan buah coklat

Cokelat ternyata telah dikonsumsi sejak dulu kala. Berbagai manfaat cokelat untuk kesehatan manusia telah ditemukan melalui serangkaian penelitian ilmiah yang valid.

Cokelat merupakan kategori makanan yang mudah dicerna oleh tubuh dan mengandung banyak vitamin seperti vitamin A1, B1, B2, C, D, dan E serta beberapa mineral seperti fosfor, magnesium, zat besi, zinc, dan juga tembaga.

Cokelat juga terkenal mengandung antioksidan dan flavonoid yang sangat berguna untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker.

Cokelat juga mengandung lemak yang memiliki fungsi yang sama dengan minyak zaitun dan mengandung mineral esensial untuk memperkuat tulang, kuku, rambut, dan juga kulit. Hal tersebut sangat membantu untuk mencegah proses penuaan.

Manfaat Makan Buah Coklat

Meskipun dianggap sebagai makanan yang mampu menambah berat badan, cokelat juga dianggap sebagai salah satu makanan yang mampu mengusir rasa stres. Menurut penelitian yang pernah dilakukan di Sandiego School of Medicine, California University, tingkat stres bisa diminimalisir bahkan dihilangkan dengan cokelat.

Hal tersebut disebabkan karena cokelat mengandung molekul psikoaktif yang dapat membuat pemakan cokelat merasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat seperti kafein, theobromine, methyl-xanthine, dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood dan mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi. Dan berikut merupakan beberapa manfaat lain dari buah cokelat apabila Anda konsumsi secara rutin

Kolesterol tinggi

Ketika mengonsumsi cokelat, Anda juga mengonsumsi flavonoid yang memiliki kemampuan antioksidan yang dikenal bermanfaat menurunkan jenis kolesterol buruk, LDL, yang diketahui dapat merusak arteri dan dapat meningkatkan peluang kita terkena penyakit jantung atau serangan jantung.

Tekanan darah tinggi

Cokelat dan kakao mengandung flavanols, yang memiliki kualitas baik. Salah satu manfaat vaskular dari flavanols adalah menurunkan tekanan darah.

Diabetes

Makan coklat hitam dalam jumlah sedang telah diketahui dapat meningkatkan pengolahan gula darah, yang dapat mengurangi resiko diabetes.

Batuk

Para ahli telah menemukan bahwa theobromine, senyawa yang ditemukan pada kakao, dapat mengurangi batuk dengan memengaruhi ujung saraf sensorik dari saraf vagus yang berjalan melalui saluran udara di paru-paru.

Penyakit hati

Penderita penyakit hati mendapat keuntungan dari cokelat karena senyawanya yang kaya antioksidan telah diketahui dapat mengurangi tekanan darah tinggi dalam hati dan mengurangi kerusakan pada pembuluh darah hati.

Penggumpalan darah

Mereka yang makan cokelat diketahui lebih lambat dalam pengggumpalan darah ketika dilakukan transfusi. Hal ini membantu mencegah penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Kanker

Meskipun cokelat tidak dapat menyembuhkan kanker, tetapi memiliki manfaat pencegahan seperti mengurangi kerusakan sel yang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor.

Stroke

Senyawa yang mengandung flavanol yang ditemukan dalam cokelat, yang disebut epicatechin, telah ditemukan untuk menjaga terhadap kerusakan stroke.

Sindrom kelelahan kronis

Daripada minum soda atau kopi ketika Anda merasa lelah, makanlah cokelat persegi untuk meningkatkan tingkat energi Anda. Dalam dosis kecil, kafein dalam cokelat akan memberikan manfaat untuk mencegah kelelahan kronis.

Manfaat Makan Buah Coklat Untuk Kecantikan

Banyak orang beranggapan bahwa bubuk kakao merupakan penyebab jerawat, padahal faktanya kakao dalam cokelat bukanlah penyebab jerawat. Malah polifenol dalam kakao telah ditemukan memberikan manfaat yang signifikan bagi kulit.

Lebih jauh berikut ini informasi mengenai 5 manfaat bubuk kakao untuk kecantikan

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat bubuk kakao yang pertama adalah dapat mengangkat sel kulit mati. Hal ini tak lain karena bubuk kakao memiliki tekstur pengelupasan lembut yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulit.

Kamu dapat menggabungkan bubuk kakao dengan sedikit susu, yang juga memiliki sifat pengelupas karena kandungan asam laktatnya. Oleskan secara ringan pada wajah sebagai scrub.

Selain itu bubuk kakao dan gula jika dikombinasikan akan menjadi scrubber yang sangat baik dan ini akan membantu mengelupas sel-sel mati dan memungkinkan sel-sel baru untuk regenerasi dan karenanya membuat kulit lembut dan halus.

  1. Cegah Jerawat

Manfaat bubuk kakao berikutnya adalah dapat mencegah jerawat. Antioksidan yang terkandung dalam bubuk kakao akan membantu merangsang sel-sel kulit dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Masker wajah bubuk kakao akan membantu untuk menyembuhkan jerawat dengan merangsang sel-sel kulit untuk dibuka dan melepaskan bakteri keluar dari kulit.

Kamu perlu menerapkan masker bubuk kakao dan membilasnya dengan air hangat untuk hasil yang lebih baik. Bubuk kakao juga dapat mencegah komedo. ini karena antioksidan di dalam senyawa bubuk kakao perlahan akan menghilangkan komedo terutama di daerah dahi, hidung, dan dagu.

  1. Ringankan Peradangan Kulit

Ekstrak kakao juga dapat menyembuhkan gejala dermatitis atopik. Sebuah studi yang melibatkan tikus yang dilakukan oleh para peneliti dari Seoul National University dan University of Massachusetts menemukan bahwa polifenol yang ditemukan dalam ekstrak kakao mengurangi peradangan dan menyembuhkan gejala alergi lain yang berkaitan dengan kondisi kulit.

Masker bubuk kakao memberikan nutrisi pada kulit karena mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk kulit yang tampak muda. Ini membantu untuk menyingkirkan kulit kering, kulit kasar, flek hitam, flek penuaan dan sebagainya.

  1. Perbaikan Kulit

Tak hanya meringankan peradangan kulit, bubuk kakao juga dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit. Ini karena kakao bubuk dikemas dengan antioksidan yang melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang mencuri oksigen dari sel kulit untuk menyeimbangkan diri.

Bubuk kakao, ketika dikombinasikan dengan kafein, membuat detoksifikasi kulit yang sangat baik. Ini membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan memungkinkan sel-sel kulit baru untuk bernafas.

  1. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Bubuk kakao melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Flavonol hadir dalam bubuk kakao tidak hanya melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya tetapi juga meningkatkan tingkat hidrasi kulit dan meningkatkan aliran darah.

Masker bubuk kakao juga sangat bagus untuk pencerah kulit akibat paparan sinar matahari. Ini karena antioksidan kuat yang ada di dalamnya membantu merangsang sel-sel kulit untuk regenerasi dan menurunkan produksi pigmen.

Cara Bikin Bakso Urat Yang Enak

luno
2 min read

Cara Membuat Dak Beton Tidak Bocor

Mengetahui cara sebabkan dak beton tidak bocor adalah perihal penting kecuali Anda merencanakan memperluas rumah. Dak beton sendiri bisa jadi pilihan untuk tingkatkan lantai...
luno
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.