Manfaat Kopi Untuk Kesehatan, Bukan Hanya Sekedar Penghilang Kantuk

2 min read

manfaat kopi

Manfaat Kopi – Kopi sering dijadikan minuman wajib yang dikonsumsi setiap hari bagi sebagian orang. Pasalnya, kopi diyakini bisa menjadi penambah energi saat memulai hari.

Manfaat kopi yang paling banyak dimengerti di kalangan masyarakat adalah penghilang rasa kantuk. Tapi, tahukah Anda bahwa minuman dengan rasa pahit ini juga menyimpan berbagai khasiat lain untuk kesehatan? Simak ulasannya seputar manfaat dalam kopi berikut ini, ya!

Manfaat Kopi

1. Meningkatkan energi

Kopi membuat tubuh lebih berenergi. Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang menyeduh kopi di pagi hari. Kopi mengandung stimulan yang disebut dengan kafein, zat psikoaktif yang paling sering dikonsumsi di dunia.

Sesudah minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah. Banyak penelitian terkontrol pada manusia menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, dan tingkat energi.

2. Menurunkan berat badan

Kafein ditemukan hampir di setiap suplemen pembakar lemak. Ini adalah salah satu dari sedikit zat alami yang telah terbukti membantu pembakaran lemak. Penelitian menunjukkan bahwa kafein khususnya dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus. Akan tetapi, ada kemungkinan efek ini berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

3. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan masalah kesehatan utama yang saat ini mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Kondisi ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh resistensi insulin atau berkurangnya kemampuan untuk mensekresi insulin.

Untuk beberapa alasan, peminum kopi secara signifikan meminimalisir risiko diabetes tipe 2. Studi mengamati bahwa orang yang minum kopi paling banyak memiliki risiko 23-50% lebih rendah terkena penyakit ini.

Satu studi menunjukkan pengurangan setinggi 67%. Menurut tinjauan besar dari 18 studi di total 457.922 orang, setiap cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan 7% penurunan risiko diabetes tipe 2.

4. Mencegah penyakit otak

Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan penyebab utama demensia di seluruh dunia. Keadaan ini biasanya menyerang orang yang berusia di atas 65 tahun, dan tidak ada obat yang diketahui.

Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini terjadi sejak awal. Beberapa penelitian sudah menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko penyakit Alzheimer hingga 65% lebih rendah.

5. Melindungi jantung

Jantung Anda adalah organ luar biasa yang melakukan ratusan fungsi penting. Berbagai penyakit umum terutama mempengaruhi hati, termasuk hepatitis, penyakit hati berlemak dan banyak lainnya.

Penikmat kopi harus tahu bahwa banyak dari kondisi ini dapat menyebabkan sirosis. Menariknya, kopi dapat melindungi dari sirosis. Orang yang minum 4 cangkir kopi atau lebih per hari mempunyai risiko hingga 80% lebih rendah.

6. Meningkatkan mood

Kafein dapat meningkatkan mood atau suasana hati. Suasana hati yang lebih baik ini pada akhirnya akan membantu mengurangi depresi. Bahkan penelitian menemukan kopi membantu mencegah risiko bunuh diri.

Dikutip dari The Healthy, studi 2013 oleh Harvard School of Public Health menemukan mereka yang meminum 2-3 cangkir kopi berkafein sehari meminimalisir risiko bunuh diri hingga 45%.

Para peneliti sudah menemukan bahwa minum kopi dapat memberikan emosi positif, termasuk kesenangan, kebaikan, kasih sayang, kepuasan, persahabatan, dan ketenangan. Temuan ini juga mencatat jika tidak ada emosi negatif yang muncul dari konsumsi kopi.

7. Kopi mengandung antioksidan

Biji kopi sebenarnya adalah biji di dalam buah kecil yang berwarna merah cerah atau kuning. Baik biji maupun buahnya kaya akan antioksidan. Bahkan, ada satu penelitian yang menemukan kopi menjadi penyumbang terbesar asupan antioksidan.

Meskipun demikian, antioksidan dalam kopi sudah dikaitkan dengan perlindungan kesehatan. Asam klorogenik, polifenol yang berlimpah dalam kopi, telah terbukti mengurangi peradangan dan dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit kronis, termasuk obesitas.

8. Meningkatkan kualitas olahraga

Kopi dapat meningkatkan kualitas olahraga. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat meningkatkan kualitas olahraga.

Efeknya termasuk peningkatan kekuatan otot, daya tahan, dan kekuatan, serta pengurangan rasa sakit selama latihan. Ini dapat membantu tubuh menjadi lebih kuat selama latihan sehingga meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan yang lebih baik.

Meski menikmati kopi memiliki sejumlah manfaat, Anda juga tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Minum kopi disarankan jangan lebih dari 5 gelas pendek atau 2,5 gelas tinggi.

Dan juga sebisa mungkin hindari tambahan pemanis buatan atau tambahan gula. Hentikan asupan kafein maksimal enam jam sebelum tidur untuk mengoptimalkan tidur. Jika kafein tidak sesuai dengan metabolisme Anda, cobalah minum kopi tanpa kafein.

Demikian artikel mengenai Bermacam-macam Cara Membuat Kopi yang Nikmat Ala Rumahan, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Kita semua, terima kasih.

Peluang Bisnis Menggiurkan Bagi Kamu yang Baru Lulus Kuliah

Dewasa ini, jumlah lapangan pekerjaan seperti Magister hukum tak sepadan bersama dengan jumlah lulusan wisuda, dan termasuk kompetisi lapangan kerja yang ketat. Kamu yang...
luno
1 min read

PTN dengan Jurusan Kuliah Sastra Indonesia Akreditasi A

Salah satu pesan penting yang terdapat di teks Sumpah Pemuda ialah menghargai tinggi bahasa Indonesia. Sebagai identitas bangsa, para pemuda seharusnya enggak malu untuk...
luno
1 min read

Prodi S3 Ilmu Komunikasi UNS Luluskan Doktor Pertama

Program Studi (Prodi) S3 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meluluskan banyak doktor S3 pertama atas...
luno
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.