Manfaat Batok Kelapa Untuk Kesehatan dan Kerajinan

3 min read

manfaat batok kelapa

Tempurung kelapa merupakan bagian kedua dari kulit setelah serabut/batok kelapa yang bersifat keras, dan dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan hidup manusia. Selain batok, tentu tidak asing lagi jika pohon kelapa memiliki berbagai manfaat yang dihasilkan dari seluruh bagiannya.

Mulai dari batang, daun, buah, sari buah, cangkang, hingga kulit luar/seratnya yang sangat bermanfaat bagi kebutuhan manusia terutama yang hidup di daerah tropis. Tempurung atau tempurung kelapa merupakan bagian yang sering dianggap tidak berguna oleh sebagian orang. Padahal batok kelapa juga memiliki banyak manfaat.

Apalagi batok kelapa sudah diolah menjadi arang, kerajinan tangan dan lain sebagainya. Dalam bentuk arang tempurung kelapa memiliki berbagai manfaat kesehatan selain untuk proses pembakaran atau sebagai bahan bakar.

Arang tempurung kelapa biasa disebut arang murni atau karbon aktif, karena dibuat dengan cara memurnikan arang dengan cara memanaskannya dengan gas hingga arang tersebut memiliki struktur yang berpori, sehingga memungkinkan arang karbon aktif ini menyerap berbagai unsur seperti zat-zat beracun dan sebagainya.

Tips Memilih Batok Kelapa

Untuk membuat membuat kerajinan batok kelapa, kita harus memperhatikan kualitas batok kelapa. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan.
• Pilih batok kelapa yang sudah tua dan mempunyai tekstur keras.
• Sebagian besar, batok kelapa yang ketika dipotong melintang berwarna hitam memiliki tekstur yang keras.

Berbagai Manfaat Batok Kelapa

manfaat batok kelapa

Manfaat Batok Kelapa Untuk Kesehatan

Menjadi Obat Bagi Penderita Diabetes

Salah satu manfaat batok kelapa adalah sebagai obat bagi penderita diabetes. Langkah-langkah untuk menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama bersihkan batok kelapa dari sabut kelapa atau anda bisa mengupas dengan mesin batok kelapa
  2. Jika sudah benar-benar bersih, langkah selanjutnya adalah merebus batok kelapa ke dalam panci. Pot yang digunakan adalah pot tanah liat.
  3. Tambahkan air sampai cangkang benar-benar terendam.
  4. Rebus sampai air berkurang lebih dari sepertiga.
  5. Setelah itu angkat dan dinginkan, air rebusan siap diminum.
  6. Aturan minumnya adalah 3 kali sehari.
  7. Rebus kembali batok kelapa setiap dua hari sekali.

Mengobati Keracunan

Salah satu manfaat arang murni atau karbon aktif adalah dapat menarik zat-zat beracun, jadi bagi anda yang mengalami keracunan alangkah lebih baik jika anda mengkonsumsi arang murni dari tempurung kelapa ini. Namun dalam penggunaannya juga dibutuhkan dosis yang tepat. Jika Anda sedang dalam keadaan mendesak, maka Anda bisa memproduksi sendiri arang tempurung kelapa yang bermanfaat ini.

Menurunkan kolesterol

Manfaat lain dari tempurung kelapa adalah membantu menurunkan kolesterol, bagi anda yang memiliki masalah menjaga kadar kolesterol tetap terkendali, mungkin anda bisa menggunakan arang tempurung kelapa. Tempurung kelapa yang telah diolah dan diubah menjadi karbon aktif diketahui mampu menurunkan kolesterol secara efektif.

Mengobati Peradangan

Peradangan adalah peradangan yang terjadi pada tubuh seseorang. Peradangan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti keracunan, atau infeksi virus. Semua penyebab dan faktor pemicu peradangan atau peradangan dapat diatasi dan diserap dengan menggunakan arang murni atau karbon aktif.

Membantu Proses Pencernaan

Salah satu cara untuk membantu proses pencernaan adalah dengan memanfaatkan manfaat batok kelapa. Karbon aktif dari tempurung kelapa dapat digunakan untuk detoksifikasi racun atau kotoran yang menghambat kerja organ pencernaan.

Setelah organ pencernaan terbebas dari segala macam racun dan kotoran maka organ pencernaan dapat mendukung sistem pencernaan agar bekerja lebih efektif.

Membantu Menghentikan Diare

Salah satu gangguan sistem pencernaan adalah diare. Diare disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan manusia.

Oleh karena itu, tempurung kelapa dapat digunakan untuk memaksimalkan detoksifikasi bakteri dan jenis racun lainnya dari organ pencernaan. Hal ini dilakukan guna menghentikan diare dengan cara alami, tanpa risiko seperti menggunakan obat-obatan.

Manfaat Batok Kelapa Untuk Kerajinan

Kerajinan Asbak

Asbak dapat dibuat dengan menggunakan batok kelapa menjadi asbak yang unik dan menarik.

Kerajinan Celengan

Sebuah celengan yang terbuat dari tempurung kelapa memiliki nilai yang unik dan menarik.

Kerajinan Lampu Hias

Lampu hias merupakan salah satu benda yang biasanya diletakkan di dalam ruangan. Lampu ini akan mengatur pencahayaan ruangan menjadi lebih indah dan nyaman untuk tidur.
Jenis lampu dari batok kelapa di atas tidak kalah dengan lampu yang terbuat dari Kerajinan Bambu. Dengan menggunakan batok kelapa, Anda bisa membuat lampu hias yang cantik dan unik.

Kerajinan Gantungan Kunci

Anda bisa berkreasi dengan batok kelapa sebagai gantungan kunci yang memiliki nilai ekonomis. Gantungan kunci dari batok kelapa bisa dibentuk menjadi berbagai bentuk figur lucu seperti binatang atau bunga.

Kerajinan Teko dan Kaca

Anda bisa menjadikan teko ini sebagai hiasan di rumah. Pastinya rumah akan terlihat lebih cantik dengan pajangan teko ini. Bahkan, setiap tamu yang datang juga akan dibuat takjub dan penasaran dengan teko batok kelapa Anda. Kerajinan tempurung kelapa juga bisa disulap menjadi gelas. Gelas dari batok kelapa memang sangat unik dan memiliki unsur tradisional.

Kerajinan Jam

Tempurung kelapa juga bisa disulap menjadi bingkai jam. Jam ini akan menjadi hiasan rumah yang sangat indah dan menarik.

Kerajinan Mangkuk

Seperti halnya teko dan kerajinan kaca, batok kelapa juga bisa dibuat menjadi mangkok yang unik, elegan dan cantik.

Kerajinan Kancing Baju

Kerajinan batok kelapa mudah selanjutnya adalah kancing baju. Kancing berbahan batok kelapa ini biasanya bisa Anda temukan pada baju batik sebagai oleh-oleh dari tempat wisata. Cara membuat kancing baju ini dengan membentuk pola dan memberi lubang di tengahnya.

Nah, Tadi adalah penjelasan tentang pengolahan kerajinan tangan dari batok kelapa. Meski batok kelapa dianggap sebagai limbah, namun kita bisa memanfaatkannya sebagai barang yang bernilai ekonomi. Selain mengurangi sampah, kita juga bisa berbisnis dengan batok kelapa.

Cara Bikin Bakso Urat Yang Enak

luno
2 min read

Cara Membuat Dak Beton Tidak Bocor

Mengetahui cara sebabkan dak beton tidak bocor adalah perihal penting kecuali Anda merencanakan memperluas rumah. Dak beton sendiri bisa jadi pilihan untuk tingkatkan lantai...
luno
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.