Macam Olahan Jagung Yang Mudah Untuk Di Buat

2 min read

Macam Olahan Jagung

Macam olahan jagung – Selain padi dan singkong, jagung merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung karbohidrat dan sering kali dijadikan sebagai sumber makanan pengganti nasi. Dan bersifat mengenyangkan, kandungan gizi pada jagung juga tidak perlu di tanyakan.

Oleh karena itu, untuk kalian yang berencana ingin mengonsumsi jagung, maka cobalah menikmatinya dengan cara yang unik dan enak seperti jasuke, grontol jagung, puding jagung dan lainnya. Maka di jamin, aneka olahan jagung tidak akan terkesan monoton tetapi justru buat ketagihan. Mari, simak baik-baik ide berikut ini:

1. Grontol Jagung

Macam Olahan Jagung

Pipilan jagung yang direbus hingga teksturnya lunak dan matang hal ini yang membuat sebagian orang bernostalgia, kalian termasuk juga gak? Ya, camilan ini bernama grontol jagung, menjadi kudapan klasik sejak jaman dulu yang sampai sekarang masih banyak yang mengkonsumsi camilan ini bisa di bilang limited edition, untuk bisa menikmatinya kalian harus rela berdesak-desakan ke pasar tradisional. Karena, grontol jagung hanya dapat di temui di pasar tradisional.

Tetapi, kalau kalian tidak mau mengantri, kalian dapat membuatnya sendiri di rumah. Dan cara membuatnya adalah

  • Rebus pipilan jagung hingga matang
  • Lalu bilas bersih pipilan jagung rebus hingga kulit arinya rontok
  • Lalu sajikan bersama dengan kelapa parut yang sebelumnya sudah di kukus dengan campuran daun pandan, garam, dan gula pasir.

2. Lepet Jagung

Macam Olahan Jagung

Jika biasanya lepet terbuat dari beras ketan dan berbungkus daun kelapa, maka cobalah sekarang membutanya yang lebih unik tetapi cita rasanya tidak kalah nikmat dengan menggunakan bahan dasar dari jagung.

  • Pertama siapkan jagung sayur
  • Sebelum diparut, cuci bersih jagung lalu parut hingga jagung terparut habis
  • Selanjutnya, campur jagung bersama tepung maizena, tepung terigu, garam dan gula, lalu aduk rata
  • Setelah itu, bungkus dengan daun jagung dan lipat rapi lalu dikukus hingga matang
  • Selamat, Kalian sudah membuat lepet jagung. Rasakan kenikmatan lepet jagung yang teksturnya lembut dan manis terasa lumer di lidah selagi hangat-hangatnya.

3. Bakwan Jagung

Macam Olahan Jagung

Gorengan yang satu ini merupakan camilan yang terlaris, baik abang tukang gorengan maupun warung makan. Siapa lagi kalau bukan bakwan, tetapi ini bukan merupakan bakwan sayur pada umunya, ya, Tetapi bakwan jagung. Bahkan membuatnya sama saja, hanya saja kalian menggunakan bahan pengganti yaitu jagung sayur.

  • Serut jagung sayur dahulu, kemudian buat adonan bakwannya yang terdiri dari tepung beras, terigu, daun bawang, bumbu halus, dan bumbu penyedap.
  • Campurkan semuanya menjadi satu ke dalam adonan, lalu aduk rata setelah itu goreng hingga matang
  • Bakwan jagung sudah siap di santap sebagai pelengkap lauk nasi putih bareng sayur asem, sambal, dan ikan asin goreng.

4. Prekedel Jagung

Selain bakwan, kalian juga bisa jadikan prekedel jagung sebagai lauk pelengkap. Kreasi prekedel yang satu ini sangat cocok sekali dijadikan pengganti prekedel kentang yang dinilai membosankan, tetapi tidak kalah maknyus.

  • Siapkan jagung sayur, lalu sisir sampai habis dan selesai, tiriskan
  • Berikutnya, buat adonan yang terdiri dari tepung terigu, daun bawang, bumbu halus, dan bumbu penyedap, masukan jagung lalu aduk hingga rata.
  • Panaskan minyak, bentuk adonan menjadi lonjong dengan bantuan dua sendok makan, lalu goreng hingga matang kuning kecoklatan
  • Prekedel jagung sudah bisa kalian nikmati bersama dengan cocolan sambal atau pelengkap lauk nasi putih hangat bersama lauk yang berkuah dan sambal cabai.

5. Puding Jagung

Kalau kalian mau menikmati jagung dengan tekstur yang lembut, kenyal, dan manis gurih. Kalian wajib banget nih, coba puding jagung. Tenang, cara pembuatnya cukup simpel.

  • Parut jagung manis dahulu, lalu hasil parutan jagung tadi di campur dengan kelapa parut, aduk rata lalu peras dan di letakan ke dalam panci
  • Campurkan dengan bubuk garam, gula pasir, dan daun pandan masak sambil terus di aduk sampai mendidih
  • Tuang ke dalam cetakan lalu biarkan uap panasnya mengurai, kemudian masukan ke dalam kulkas hingga teksturnya mengeras
  • Selamat, puding jagung buatan kalian sudah bisa dinikmati.

Dan itulah dia pembahasan tentang macam olahan jagung, semoga artikel resep yang saya buat ini dapat membantu kalian dalam membuat camilan yang terbuat dari bahan jagung. Bagi kalian yang mau tahu tentang mesin perontok jagung kalian bisa klik link yang berwarna biru. Semoga bermanfaat!.

Cara Bikin Bakso Urat Yang Enak

luno
2 min read

Cara Membuat Dak Beton Tidak Bocor

Mengetahui cara sebabkan dak beton tidak bocor adalah perihal penting kecuali Anda merencanakan memperluas rumah. Dak beton sendiri bisa jadi pilihan untuk tingkatkan lantai...
luno
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.