Ide Kerajinan Sampah Plastik Keren Dan Cara Pembuatannya!

3 min read

Kerajinan Sampah Plastik

Sampah plastik yang selama ini menumpuk ternyata bisa menjadi sebuah kerajinan sampah plastik yang keren dan menarik, lho!. Plastik adalah salah satu bahan yang sangat sulit diuraikan oleh tanah, daripada dibiarkan menumpuk dan mencemari tanah. Akan lebih baik jika plastik bisa diolah kembali menjadi sebuah kerajinan tangan yang bermanfaat.

Selain bisa digunakan sendiri, hasil olahan sampah plastik ini nantinya juga bisa kita jual untuk mendapatkan keuntungan. Selain bisa mendapatkan keuntungan, dengan mengolah sampah plastik berarti kita sudah berkontribusi untuk mengurangi menumpuknya sampah plastik.

Untuk dijadikan sebagai kerajinan, banyak sekali barang yang bisa dihasilkan dari sampah plastik. Mulai dari dompet, tempat pensil, tas, wadah aksesoris, pot bunga, cermin, celengan, dan masih banyak lainnya. Sejumlah barang kerajinan tersebut bisa kita buat sendiri rumah dengan bahan utama dari aneka jenis plastik. Namun, sebelum mengubah sampah plastik menjadi kerajinan yang menarik, sebaiknya sampah plastik dibersihkan terlebih dulu.

Langkah Membersihkan Limbah Plastik

Kerajinan Sampah Plastik

Sebelum mengolah sampah plastik menjadi kerajinanan, plastik haruslah dibersihkan terlebih dahulu. Berikut adalah cara membersihkan sampah plastik.

Ada 3 tahapan untuk membersihkan sampah plastik, diantaranya adalah berikut ini :

  • Kumpulkan dahulu semua sampah plastik untuk membuat kerajinan ke dalam ember atau baskom yang sudah berisi air. Lalu cuci plastik sampai bersih dari kotoran yang menempel.
  • Setelah semua sampah plastik bersih, rendamlah sampah plastik tersebut di dalam air yang telah dicampur dengan cairan pemutih selama beberapa jam. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan bau dan kotoran yang tersisa dari plastik. Untuk membersihkan kotoran yang menempel pada bagian celah-celah dan gerigi plastik, gunakan sikat gigi bekas.
  • Selanjutnya angkat dan jemur plastik yang sudah bersih di tempat teduh. Gunakanlah lap pel untuk mempercepat proses pengeringan sampah plastik. Kemudian, atur dan rapikan sampah plastik yang sudah bersih.

Cara Membuat Kerajinan Sampah Plastik Yang Keren Dan Menarik

Proses pembuatan kerajinan sampah plastik bisa dibilang tidak terlalu sulit. Berikut adalah beberapa ide kerajinan sampah plastik keren beserta cara pembuatannya :

1. Kerajinan Sampah Plastik Dompet

Salah satu ide kerajinan dengan bahan dasar sampah plastik yang dapat dibuat sendiri di rumah dengan mudah adalah dompet. Selain mudah, menggunakan dompet dari sampah plastik ini terbilang cukup unik.

Bahan Yang Digunakan :

  • Plastik kemasan detergen ukuran besar
  • Jarum dan benang
  • Gunting
  • Ritsleting
  • Lem tembak

Cara Membuat :

  1. Bersihkan dahulu plastik kemasan detergen dengan cara yang sudah tertera di atas. Saat membersihkan, usahakan untuk tidak merusak kemasan detergen.
  2. Setelah melalui proses pembersihan dan pengeringan, kemasan bisa dipotong menjadi dua bagian. Kemudian buatlah lipatan dengan ukuran 3 cm pada ujung atas dan bawah kemasan plastik.
  3. Selanjutnya gunting lipatan-lipatan tersebut untuk mendapatkan lembaran plastik kecil.
  4. Lembaran plastik kemasan detergen yang sudah dipotong ini kemudian bisa dianyam dengan bentuk vertical untuk mempermudah proses penggabungannya.
  5. Buatlah anyaman dengan bentuk persegi panjang, sesuaikan dengan ukuran dompet yang kita ingin buat.
  6. Setelah selesai membuat bentuk kantung persegi panjang yang sesuai dengan besar dompet yang kita inginkan, maka selanjutnya ambil ritsleting dan jahitlah menggunakan jarum dan benang agar ritsleting bisa menempel dan menutupi kantung dompet yang sudah dibuat.

2. Kerajinan Sampah Plastik Cermin

Kerajinan Sampah Plastik

Kerajinan lain yang bisa dibuat dari sampah plastik adalah cermin. Cermin? Bagaimana cara pembuatannya? yuk simak dibawah ini.

Alat Dan Bahan Yang Dibutuhkan :

  • Sendok Plastik
  • Cat
  • Tripleks
  • Kaca
  • Cermin
  • Gunting
  • Lem tembak
  • Cutter Solder

Cara Pembuatan :

  1. Bersihkan terlebih dahulu semua limbah plastik sendok yang akan digunakan untuk membuat kerajinan.
  2. Kemudian patahkan atau potong semua ujung sendok bekas yang sudah dikumpulkan, karena nantinya yang dimanfaatkan hanya bentuk cekung pada sendok.
  3. Warnai bagian cekung sendok menggunakan cat semprot (untuk warna sesuaikan dengan selera)
  4. Setelah itu potong tripleks dengan bentuk lingkaran.
  5. Lalu, lubangi bagian tengah tripleks dan setelahnya susun cekungan sendok memutari tripleks yang berbentuk lingkaran.
  6. Selanjutnya pasanglah cermin di bagian tengah tripleks dan rekatkan cermin menggunakan lem.

3. Ide Kerajinan Sampah Plastik Tempat Pensil Lucu

tempat pensil lucu

Dengan bahan sampah plastik yaitu botol kita bisa mengubahnya menjadi sebuah tempat pensil lucu yang lucu dan cantik. Begini proses pembuatannya :

Bahan dan alat yang diperlukan :

  • Botol bekas
  • Kertas atau stiker lucu berwarna
  • Gunting
  • Cutter
  • Lem
  • Cat
  • Spidol (jika ingin menggambar bentuk lucu sendiri pada botol)

Cara Pembuatan :

  1. Buat sebuah pola atau bentuk sesuai dengan keinginan pada botol
  2. Kemudian potong botol shampo sesuai dengan pola yang sudah dibentuk menggunakan cutter/gunting.
  3. Catlah botol shampo yang sudah dibentuk sesuai pola dengan warna yang kita inginkan.
  4. Setelah itu buatlah sebuah tangan pada kertas atau bagian botol yang sudah tidak digunakan
  5. Lalu rekatkan tangan ini di bagian kanan dan kiri botol yang sudah membentuk pola lucu
  6. Selanjutnya bentuk wajah dan riasan yang lucu pada botol dengan menggambarnya sendiri menggunakan spidol atau dengan menempelkan stiker lucu.
  7. Tempat pensil lucu pun siap untuk digunakan.

4. Ide Kerajinan Bunga Hias Dari Botol Plastik

Kerajinan Sampah Plastik

Botol bekas juga bisa kita sulap menjadi kerajinan bunga hias yang cantik lho1. Nantinya hiasan ij=ni bisa kita letakkan di ruang tamu ataupun kamar sebagai hiasan.

Bahan:

  • Sampah botol plastik warna-warni
  • Gunting
  • Tangkai bunga plastik
  • Kain flanel berwarna hijau
  • Lem

Cara membuat:

  1. Buatlah sebuah pola yang membentuk kelopak pada botol.
  2. Kemudian gunting botol dengan pola kelopak bunga yang sudah dibuat.
  3. Siapkan kelopak bunga ini dalam jumlah yang cukup banyak.
  4. Lalu gabungkan dan tempelkan kelopak bunga plastik yang sudah dibuat tadi agar menyerupai bentuk kelopak bunga.
  5. Selanjutnya tempelkan bunga pada tangkai bunga plastik, jika tidak ada tangkai bunga plastik, maka bisa menggunakan sedotan plastik.
  6. Buatlah bunga plastik dalam jumlah yang diinginkan.
  7. Setelah itu gunting kain flanel dengan bentuk pola daun, dan tempelkan daun ini di batang bunga plastik agar tampak seperti daun sungguhan.
  8. Setelah selesai membuat semua tangkai bunga, kita bisa menaruh bunga plastik ini di vas ataupun menusuk tangkainya di gabus kering agar tampak terlihat lebih alami.

Itulah tadi beberapa ide kerajinan dari sampah plastik yang bisa kita semua coba di rumah. Dengan mendaur ulang sampah plastik, kita akan bisa menyelamatkan bumi dari pencemaran yang berbahaya bagi lingkungan.

Untuk mengurangi sampah plastik kita juga bisa mendaur ulangnya dengan cara mencacahnya terlebih dahulu menggunakan mesin pencacah plastik. Mesin pencacah plastik ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko-toko mesin online yang ada di online store ataupun website google.

Cara Bikin Bakso Urat Yang Enak

luno
2 min read

Cara Membuat Dak Beton Tidak Bocor

Mengetahui cara sebabkan dak beton tidak bocor adalah perihal penting kecuali Anda merencanakan memperluas rumah. Dak beton sendiri bisa jadi pilihan untuk tingkatkan lantai...
luno
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.