Ini Dia Penyebab Tegangan Tidak Stabil atau Low Voltage

1 min read

low voltage

apakah anda pernah mengalami kejadian dimana tiba-tiba lampu berubah redup lalu terang kembali selang beberapa detik? Hal ini bisa saja disebabkan oleh tegangan listrik yang tidak stabil, atau mungkin listrik di tempat tersebut mengalami low voltage. Hal tersebut juga menjadi sebuah indikasi ika ada gangguan listrik di tempat tersebut dan harus segera ditangani supaya tidak ada kerusakan di kemudian hari.

Munculnya ketidakstabilan listrik juga bisa membahayakan perlengkapan elektronik sekitarnya. Bahkan bisa juga menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik. Ada beberapa penyebab mengapa tegangan listrik menjadi tidak stabil seperti di bawah ini.

Beberapa penyebab tegangan listrik menjadi tidak stabil

  • Adanya kelebihan beban listrik
  • Jarak lokasi bangunan terlalu jauh dengan tiang induk dari PLN
  • Ada kerusakan di jaringan PLN
  • Memasang kabel listrik dengan material yang tidak sesuai standar
  • Trafo penurun tegangan dari PLN mungkin kurang stabil
  • Adanya gangguan selama proses instalasi listrik
  • Adanya gangguan pada peralatan elektronik

Agar anda bisa mencari lokasi mana yang listriknya tidak stabil, anda bisa coba cara berikut. Anda bisa gunakan alat untuk mengukur tegangan listrik atau voltmeter. Anda bisa mencobanya saat tidak ada beban seperti perangkat listrik ataupun lampu saat kondisi listrik tidak stabil maka kemungkinan adanya jaringan listrik di tempat tersebut, bisa juga dari luar lingkungan bangunan yaitu jaringan listrik PLN.

Anda juga bisa menguji bagian MCB/ Miniature Circuit Breaker jika anda memakainya. Namun, anda harus melakukan pengujian tersebut dengan hati-hati karena tegangan listriknya yang cukup tinggi yang dapat membahayakan. Akan lebih baik jika anda selalu melakukan pengecekan terlebih dahulu dan didampingi oleh orang yang sudah ahli di bidang tersebut.

Ada beberapa cara untuk mengatasi low voltage ataupun tegangan listrik yang tidak stabil. Cara pertama, anda bisa gunakan stabilizer tegangan AC. Namun anda hanya bisa menyeimbangkan tegangan listrik , tidak dapat digunakan menyimpan energy listrik. 

Daftar Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Siapa sih yang tidak ingin memperoleh pekerjaan dengan pendapatan besar? Pasti saja buat memperolehnya, kalian butuh melaksanakan persiapan, strategi yang matang, dan kemauan buat...
luno
2 min read

Film Tentang Penyihir Yang Paling Seru Dan Menegangkan

Film yang langsung terbayang saat menyebut kata penyihir di sebagian kepala orang pastilah Harry Potter. Pasalnya, Harry Potter merupakan salah satu film yang sangat...
luno
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.