Fungsi Pusat Logistik Berikat

1 min read

PLB adalah singkatan Pusat Logistik Berikat, yang merupakan TPB untuk timbun yang asalnya dari luar pabean atau barang yang berasal dari tempat lainnya di daerah pabean, bisa dengan satu atau lebih kegiatan sederhana pada jangka waktu yang tertentu untuk kembali dikeluarkan.

Ada persyaratan-persyaratan jadi PLB, seperti:

Persyaratan Jadi PLB

  • Luas lokasi tanah ataupun bangunan minimal 1 hektar di satu hamparan kecuali penimbunan di tanki atau yang dengan bentuk PDPLB. 
  • Bisa dilalui sarana pengangkut.
  • Punya berbagai macam batas jelas.
  • Punya tempat lakukan penimbunan, pembongkaran, pemeriksaan, pemuatan, area transit. 
  • Penuhi ketentuan cukai pada PLB timbun barang yang kena cukai. 

Kegiatan utama pada Pusat Logistik Berikat yaitu penimbunan barang berasal LDP atau TLDDP dalam impor, ekspor atau transshipment. Kegiatan sederhana pada PLB yaitu kegiatan yang lain sepanjang bukan kegiatan yang menghasilkan produk baru yang memiliki sifat, karakteristik, atau fungsi yang berbeda dari barang asal.

Fungsi dari PLB 

Di prinsipnya, fungsi dari PLB, yaitu: 

  • Tempatkan gudang penimbunan barang-barang ekspor-impor dalam negeri supaya kegiatan usaha nasional menjadi lebih efisien. 
  • Mendekatkan jarak di antara pelaku usaha dengan bahan baku dalam negeri sehingga bisa turunkan harga bahan baku serta di akhirnya turunkan harga produksi pabrik. 
  • Untungkan pelaku usaha atau pebisnis dalam negeri dengan memudahkan perolehan bahan baku dengan harga lebih murah pada waktu lebih cepat sehingga hasil dari produksinya bisa bersaing dengan baik di pasar dalam negeri maupun di pasar internasional. 
  • Lokasi PLB dibangun dekat dengan sentra industri tertentu sehingga memudahkan arus barang PLB ke pabrik. 

Guna serta fungsi Pusat Logistik Berikat berkembang sesuaikan pada kebutuhan pasar di dalam negeri. Hal ini pastinya dilakukan bukan untuk turunkan biaya logistik nasional saja, tapi juga untuk tingkatkan kegiatan ekonomi dalam negeri dan untuk tarik barang-barang yang biasanya ditumpuk di luar negeri, sehingga bisa ditumpuk di dalam negeri saja. Selain itu, PLB juga untuk kurangi tingkat kepadatan di pelabuhan. 

Peluang Bisnis Import Barang dari China

Import barang China adalah keliru satu yang diburu importir. Hal ini sebab china menyediakan produk import yang bisa beradu dengan pasar di didalam negeri....
luno
1 min read

Ide Bisnis Bulan Puasa

luno
2 min read

Coir Geotextiles Uses: 100% Material from Nature to Prevent…

Coir geotextiles uses – Natural fiber products are designed to stabilize and support soils along river banks, slopes, rivers, hillsides, and other areas prone...
luno
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.