Di Mana Saja Pintu Emergency Dibutuhkan?

1 min read

pintu besi emergency

Syarat dalam mendirikan sebuah bangunan adalah adanya pintu besi emergency atau yang sering juga disebut dengan pintu darurat sebagai akses untuk pengunjung melakukan evakuasi dalam kondisi darurat seperti bencana alam atau kebakaran.

Pintu darurat ini memiliki peran yang sangat penting terutama bagi bangunan atau gedung-gedung bertingkat. Di Indonesia sendiri, terdiri lebih dari 300 bangunan yang merupakan gedung bertingkat. Ini menempatkan Indonesia berada di peringkat ketujuh negara dengan bangunan pencakar langit terbanyak.

Dalam sebuah gedung atau bangunan, pintu emergency sendiri diatur dalam beberapa peraturan Menteri, seperti Peraturan Menteri RI No. 36, 2005, pasal 59 yang menyebutkan bahwa setiap gedung diharuskan memiliki sarana evakuasi meliputi :

  • Sistem peringatan bahaya (misalnya alarm kebakaran atau peingatan secara audio)
  • Pintu emergency
  • Jalur evakuasi
  • Tangga darurat atau kebakaran

Keberadaan pintu besi emergency ini haruslah disesuaikan dengan fungsi, klasifikasi gedung, jarak untuk mencapai tempat yang paling aman serta disesuaikan juga dengan jumlah serta kondisi pengunjungnya.

Pintu emergency juga harus memiliki tanda baca yang jelas disertai dengan penanda jalur evakuasi dengan tanda yang mudah dilihat, dibaca dan dipahami.

Selain di dalam gedung bertingkat, pintu emergency juga pasti akan ditemui di transportasi udara yakni pesawat. Di dalam pesawat, pintu darurat adalah salah satu pintu penting yang dibutuhkan dan wajib ada untuk mengevakuasi penumpang dalam kondisi darurat.

Kondisi-kondisi yang membutuhkan penumpang harus segera keluar dari pintu darurat adalah kondisi yang dapat mengancam keselamatan seluruh penumpang dan awak kabin, misanya saat terjadi kecelakaan atau kebakaran.

Jika pada bangunan bertingkat semua orang pasti bisa membuka pintu darurat karena syarat dari pintu darurat sebuah bangunan adalah harus fleksible dan bisa dibuka baik dari dalam maupun dari luar, berbeda dengan pintu darurat di pesawat.

Ada syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh seseorang untuk dapat membuka pintu emergency seperti mampu memahami instruksi, sudah berusia di atas 15 tahun, tidak sedang hamil dan bepergian dengan bayi.

Selaras Lawang Sewu merupakan penyedia berbagai sistem pintu dan jendela terbaik. Merupakan ahli di bidang pintu dan jendela, cocok bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk mendesain berbagai jenis pintu termasuk pintu besi emergency.

Leave a Reply

Your email address will not be published.