Cara Menanam Padi Logawa Yang Benar Dan Menguntungkan

3 min read

cara menanam padi logawa

Cara menanam padi logawa yang baik, perlu di lakukan agar padi yang di hasilkan mempunyai kualitas yang baik. Padi atau nasi adalah bahan makanan pokok untuk masyarakat Indonesia. Menanam padi pada iklim tropis seperti Indonesia juga dapat membuat tanaman ini menjadi tumbuh subur.

Untuk mendapatkan panen yang berkualitas diperlukan pemahaman tentang cara menanam padi yang baik. Karena, meskipun padi merupakan bahan makanan pokok dan di sebut sebagai negara agraris. Produksi padi nasional belum bisa mencukupi kebutuhan pada masyarakat.

Baca juga : Praktis Banget! Cara Tanam Bawang Putih Yang Mudah Di Rumah Aja

Tentunya selama masa penanaman padi hingga masa panen, banyak kendala yang bisa terjadi seperti serangan hama dan pengolahan lahan yang kurang tepat. Berikut ini tips dan cara menanam padi logawa yang benar dan menguntungkan!.

Tips Cara Menanam Padi Yang Benar Bagi Petani

cara menanam padi logawa

1. Pilih Benih Padi Berkualitas

Benih padi yang berkualitas merupakan hal yang penting jika ingin meningkatkan hasil panen padi. Sementara itu, anda juga perlu memperhatikan kodisi lahan yang cocok dengan benih padi tersebut.

Beberapa ciri dari beras varietas unggulan adalah, tahan terhadap serangan hama dan penyakit, toleran terhadap kondisi lingkungan, dapat menghasilkan panen yang berlimpah, dan saat direndam dengan larutan ZA 20 gr, benih padi tenggelam atau tidak mengapung.

2. Menyiapkan Lahan

Menyiapkan lahan adalah merupakan satu komponen terpenting dalam menanam padi yang baik dan menguntungkan. Siapkan lahan kosong yang subur yang sudah dibersihkan dari rumput liar dan gulma yang mengganggu.

Untuk meningkatkan kesuburan tanah saat ditanami. Tanah dialiri air hingga gembur dan lunak kemudian bajak menggunakan mesin traktor, lalu genangi air kembali setinggi 5 sampai 10 cm, dan biarkan air menggenang dalam media tanam selama kurang lebih 2 minggu agar racun – racun dapat di netralisir oleh air.

3. Pembibitan

Setelah menyiapkan lahan, sebar benih padi yang bagus yang sudah melalui tahap pengujian untuk menentukan kualitasnya, rendam 2 hari hingga muncul tunas atau berkecambah. Berikan pupuk area persemaian tadi dengan pupuk urea dan tsp, masing masing 10 gram untuk setiap semester lahan.

4. Penanaman Padi

Setelah persiapan benih dan lahan sudah selesai, maka cara menanam padi logawa selanjutnya adalah proses penanaman padi. Usia benih yang sudah dapat dipindahkan adalah sekitar 20 hari, yang bisa di tandai dengan berdaun 5 – 6 helai, mempunyai tinggi 22 – 25 cm, batang bagian bawah besar dan keras, dan terbebas dari serangan hama. Satu lubang tanam hanya untuk satu benih, dengan kedalaman tanam kurang lebih 2 cm.

Cara Menanam Padi Logawa

1. Pilih Benih Padi Berkualitas

Benih padi yang berkualitas merupakan hal utama yang penting dan perlu kita perhatikan, serta jika kita ingin meningkatkan hasil budidaya padi logawa ini. Saat ini di pasaran terdapat banyak varietas benih padi yang dapat Anda cocokkan dengan kondisi lahan serta permintaan pasar.

Beberapa ciri dari beras varietas unggulan adalah :

  • Tahan terhadap serangan hama dan penyakit
  • Toleran terhadap kondisi lingkungan
  • Dapat mengasilkan panen yang berlimpah
  • Saat direndam dengan larutan ZA 20 gr, benih tenggelam alias tidak mengapung.

2. Proses Penyemaian Benih Padi

Benih padi yang sudah siap dapat segera kita semai, proses penyemaian benih bisa anda simak seperti berikut ini :

  • Buatlah bedengan dengan ukuran lebar 1 – 2 m. Luas persemaian untuk lahan 1 hektar adalah sekitar 400 m atau 4 % dari luas lahan.
  • Tambahkan 2 kg bahan organik semisal kompos, pupuk kandang, sekam, atau abu. Jika Anda berminat untuk mengolah kompos dari bahan sisa pertanian, silahkan pelajaricara membuat pupuk kompos dari jerami padi.
  • Benih yang hendak disemai haruslah direndam dahulu sekitar 2 x 24 jam
  • Persemaian dilakukan selama 25 hari sebelum masa tanam, usahakan tempat menyemai benih padi berdekatan dengan lokasi tanam agar pemindahan benih tersebut dilakukan dengan cepat dan benih tetap segar.
  • Benih yang disemai tidak harus terbenam seluruhnya, karena justeru akan menyebabkan kecambah terinfeksi patogen dan akhirnya membusuk.
  • Setelah persemaian sudah siap, kamu bisa memindahkannya ke lahan utama.

3. Proses Penanaman Padi

Hal yang tidak kalah penting adalah proses penanaman setelah benih padi yang disemai tumbuh sempurna. Ciri – ciri benih yang baik pada saat proses persemaian adalah jumlah daun 5 sampai 6 helai, tinggi daun berkisar 22 cm hingga 25 cm, dan batang bawah besar serta keras.

Cara Menanam Padi Logawa :

  • Usia benih yang sudah dapat dipindahkan adalah sekitar 20 hari
  • Pindahkan bibit dari lahan semai ke lahan tanam dengan hati-hati jangan sampai merusak tanaman.
  • Masukkan bibit atau benih perlahan ke bagian lubang yang telah anda siapkan.
  • Sebaiknya dua atau tiga benih hanya untuk satu lubang tanam dengan kedalaman 2 cm hingga 15 cm.

5. Perawatan Padi

Setelah menanam, kamu harus melakukan perawatan yang tepat. Mulai dari penyiraman dua mingu sekali. Kemudian, lalukan pengairan sesuai kebutuhan supaya tanaman tetap mendapat air dan tidak kering.

Lalu pemupukan saat usia satu minggu dengan pupuk urea dan TSP. Pemupukan berlanjut setelah usia 30 hari setelah penanam dengan menggunakan pupuk yang memiliki unsur NPK atau urea. Untuk NPK, anda bisa menggunakan pupuk Phonska.

6. Pengendalian Hama

Hama yang sering menyerang tanaman padi adalah belalang, tikus, wereng, hingga walang sangit. Untuk mencegah hama tersebut, anda bisa memberikan pestisida organik atau anorganik.

7. Pross Panen

Saat panen padi juga harus dilakukan secara tepat dan tidak boleh sembarangan, dan hanya boleh dikerjakan saat bulir padi sudah cukup masak. Hal ini disebabkan karena penen yang dilakukan terlalu cepat akan menurunkan kualitas panen.

Padi yang sudah cukup umur untuk masa panen di tandai dengan bentuk dan warna padi 95 persen padi menguning dan merunduk. Tanaman Padi terasa keras dan berisi. Padi telah berusia hingga 35 hari sesudah berbunga. Sebagian dau mati atau kering. Setelah itu anda bisa melakukan proses panen menggunakan alat pemanen padi.

Demikian lah penjelasan mengenai cara menanam padi logawa yang benar dan tips cara menanam padi yang menguntungkan bagi para petani. Dengan memilih benih padi yang tepat, padi yang di hasilkan juga akan menghasilkan beras yang berkualitas dan pulen.

Review Ludo Winner APK Game Penghasil Uang

Ludo Winner APK adalah sebuah game penghasil uang yang dimana tugas sobat adalah mengumpulkan banyak sekali koin rupiah dengan memenangkan pertandingan ludo, permainan monopoli, memainkan...
luno
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.