Cara Membuat Opor Ayam Telur Dengan Kuah Santan Kuning

3 min read

cara membuat opor ayam telur
Cara membuat opor ayam telur – Opor ayam merupakan makanan Nusantara sejenis gulai dan kari yang khas dan sangat dikenal di Indonesia. Opor ayam terbuat dari bahan utama daging ayam yang dimasak dengan aneka rempah-rempah dan santan kental yang dihasilkan dari buah kelapa. Opor ayam yang kuahnya gurih ini membuat makan ketupat jadi lebih seru. Rasanya yang gurih dan tidak terlalu pekat ini mengimbangi lauk-lauk lain yang bumbunya pedas dan berempah seperti rendang atau sayur godog. Itulah mengapa kehadiran opor ayam menjadi kewajiban di tengah rangkaian menu Lebaran di setiap tahunnya. Tapi, tak ada salahnya untuk membuat opor ayam dengan cara yang berbeda. Misalnya dengan membuat resep Opor Ayam Telur ini. Pada dasarnya opor ayam ini sama seperti opor ayam pada dasarnya, tetapi di dalam opor ini kita tambahkan telur rebus. Tambahan telur rebus dalam opor ayam membuatnya jadi lebih banyak untuk dinikmati. Atau bisa juga jadi ide untuk membuat opor ayam ekonomis yang bisa dinikmati seluruh keluarga.

Asal Usul

Menurut sejarawan kuliner, menu opor bukan benar-benar berasal dari Indonesia. Opor masuk ke Indonesia dipengaruhi oleh akulturasi atau percampuran kebudayaan dari budaya Indonesia dengan budaya asing. Budaya asing tersebut adalah budaya kuliner Arab dan India. Makanan Arab yang memengaruhi terciptanya opor adalah gulai. Sedangkan, makanan India yang memengaruhi terciptanya opor adalah kari. Makanan-makanan itu dibawa oleh pendatang dari Arab dan India ke Indonesia. Kemudian, oleh orang Indonesia, makanan dari dua budaya itu dikreasikan menjadi opor. Pertama kali masuk di wilayah Sumatera, budaya kuliner memasak kari dan gulai pertama kali masuk di kawasan yang pertama tersentuh oleh pengaruh Islam. Islam di Indonesia diperkenalkan oleh pedagang dari Arab dan India di kawasan pesisir Sumatera, Selat Malaka, hingga Jawa. Pola budaya kuliner di pesisir Sumatera, Selat Malaka, dan Jawa juga memiliki pengaruh dari kuliner Arab dan India. Lama-kelamaan, makanan-makanan hasil akulturasi itu jadi identitas kuliner masyarakat Indonesia di sana. Opor termasuk salah satunya.
Baca Juga : Alat Perebus Telur Untuk Kemudahan Di Dapur

6 Jenis Opor Ayam Yang Sering Menjadi Hidangan

1. Opor Ayam Putih

Opor ayam yang satu ini memiliki warna yang pucat, namun bila diolah dengan tepat, opor ayam ini bisa membuat ketagihan. Bumbu yang digunakan umumnya bawang putih, jintan, ketumbar, kemiri, bawang merah, dan jahe. Konon, opor ayam putih ini digandrungi para wanita keturunan Tionghoa. Salah satu resep opor ayam putih yang terkenal adalah opor ayam putih dari Banjarmasin.

2. Opor Ayam Kuning

Inilah opor ayam yang jamak disajikan saat Lebaran. Umumnya, masyarakat di daerah Jawa menyukai opor ayam jenis ini, karena warna kuningnya membuat hidangan lebih cantik dan sebagai simbol kemenangan. Resepnya hampir sama dengan opor ayam putih, hanya ditambahkan kunyit untuk memperkuat rasa. Selain itu sering pula ditambahkan telur rebus, tempe, dan tahu ke dalam kuah opor.

3. Opor Ayam Pedas

Bagi masyarakat yang menyukai hidangan serba pedas, opor ayam jenis ini jadi pilihan. Cukup ditambahkan gilingan cabai merah ke dalam bumbu racikannya. Opor ayam jenis ini penampakannya mirip dengan gulai.

4. Opor Ayam Bakar

Salah satu hidangan opor ayam bakar yang terkenal adalah opor bakar kudus atau opor bakar sunggingan, karena merupakan kreasi penduduk Gampong Sunggingan, Kabupaten Kudus. Cara memasaknya cukup unik, yaitu ayam utuh direbus dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan dan diisi ke dalam rongga perut ayam. Setelah masak, ayam ditiriskan dan dibakar di atas bara api hingga bagian luarnya gosong. Air sisa rebusan ditambah santan kental dan dimasak lagi hingga airnya sedikit menguap. Kuah opor akan menjadi seperti areh. Kuah ini kemudian disiram ke atas potongan daging ayam bakar tadi. Aroma ayam yang dibakar menambah nikmat opor ayam ini.

5. Opor Ayam Kering

Meski tak berlimpah kuah, opor ayam ini tak kalah nikmat. Mungkin karena ayam dimasak dengan cara diungkep, sehingga bumbunya benar-benar meresap ke setiap serat dan daging ayam. Resepnya mirip dengan resep opor ayam, hanya perbandingan takaran santannya yang berbeda.

6. Opor Ayam Tanpa Santan

Di beberapa wilayah, ada masyarakat yang mengolah opor ayam tanpa santan. Bumbu rempahnya mirip dengan opor ayam biasa, hanya jumlah kemirinya lebih banyak sehingga berwarna keruh. Kaldu ayam digunakan sebagai pengganti santan. Kali ini kita buat opor ayam telur untuk masakan hari ini.

Opor Ayam Telur

cara membuat opor ayam telur

Bahan – Bahan:

  • 1 ekor ayam, potong 8 bagian
  • 2 sdt garam
  • 3 sdm minyak goreng
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 3 batang serai bagian putih, memarkan
  • 6 lembar daun jeruk
  • 1 lt santan cair
  • 600 ml santan kental
  • ½ sdt merica
  • 6 butir telur ayam, rebus(Anda bisa merebus dengan alat perebus telur untuk kemudahan), kupas kulit
  • 1 sdt gula pasir

Bumbu Dihaluskan:

  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 cm jahe, bakar
  • 3 cm kunyit, bakar
  • 2 sdt ketumbar, sangrai
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • ¼ sdt jintan

Cara Membuat Opor Ayam Telur:

  1. Lumuri ayam dengan 1 sdt garam dan air jeruk nipis. Sisihkan
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk hingga harum
  3. Masukkan ayam, aduk hingga ayam berubah warna
  4. Tambahkan santan cair, masak hingga mendidih dan ayam matang
  5. Tambahkan santan kental, sisa garam, merica, gula pasir, dan telur rebus, masak sambil ditimba-timba hingga santan berminyak dan ayam empuk. Angkat, sajikan segera bersama ketupat
Begitulah kira-kira cara membuat opor ayam telur dan asal-usulnya opor. Membuat opor ayam telur membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit. Walau lama, tetapi worth the wait ya karena rasanya yang lezat dan bisa dimakan oleh seluruh anggota keluarga. Selamat mencoba!

Cara Bikin Bakso Urat Yang Enak

luno
2 min read

Cara Membuat Dak Beton Tidak Bocor

Mengetahui cara sebabkan dak beton tidak bocor adalah perihal penting kecuali Anda merencanakan memperluas rumah. Dak beton sendiri bisa jadi pilihan untuk tingkatkan lantai...
luno
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.