Cara Membuat Ketimus Singkong Tanpa Kelapa

2 min read

cara membuat ketimus singkong tanpa kelapa

Cara Membuat Ketimus Singkong Tanpa Kelapa memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal utri/lemet singkong tanpa kelapa muda yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Singkong bisa dibuat jajanan apa aja? salah satunya Lemet Dan Utri Perhatian : Video ini juga disertai Substitle Bahasa indonesia, so, teman Dapur Corner. Lihat juga resep Lemet Singkong Pisang dan Nangka enak lainnya. Seperti kue lemet singkong ini yang hanya menggunakan singkong, kelapa dan gula pada pembuatannya.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari utri/lemet singkong tanpa kelapa muda, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan utri/lemet singkong tanpa kelapa muda yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat utri/lemet singkong tanpa kelapa muda yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Utri/Lemet Singkong Tanpa Kelapa Muda memakai 6 bahan dan 5 langkah pembuatan.

Resep Cara Membuat Ketimus Singkong Tanpa Kelapa

1. Lemet Singkong Tanpa Kelapa Muda, Sempurna

Bahan – Bahan :

  1. Siapkan 2 buah singkong
  2. Siapkan 2 ons gula merah di sisir
  3. Sediakan sesuai selera gula pasir
  4. Ambil secukupnya garam
  5. Gunakan vanili
  6. Sediakan daun pisang

Cara Membuat Lemet Singkong Tanpa Kelapa Muda Sempurna :

  1. Singkong di kupas , terus di cuci, lalu di parut
  2. Singkong yang sudah di parut di campur dengan gula merah, gula pasir, garam dan vanili lalu diaduk sampai rata
  3. Adonan yang sudah di aduk di bungkus kecil-kecil dengan daun pisang
  4. Rebus sekitar 30 menit
  5. Setelah matang, Siap di hidangkan hangat-hangat

Baca Juga : Mesin Penggiling Padi ini sangat mudah dalam melakukan penggilingan sendiri

2. Lemet Singkong Sari Pandan loyang, tanpa kelapa

Bahan-Bahan :

  • 750 gr singkong setelah dikupas dari berat kotor 1 kg. Parut atau blender, peras dan buang airnya
  • 225 ml santan saya: 65 ml santan instant + air sehingga total 225 ml
  • 50 ml sari pandan 5 lembar pandan digunting2, beri air 50ml dan blender. Kalau tidak ada pandan,
  • 50 ml air + pasta pandan
  • 150 gr gula pasir
  • 1 bungkus agar2 plain
  • Sejumput garam

Cara Membuat Lemet Singkong Sari Pandan loyang, tanpa kelapa :

  1. Siapkan bahan2. Panaskan juga kukusan, yang tutupnya diikat erat serbet. Siapkan loyang, tataki dengan plastik (saya: kantong plastik makanan digunting biar pas loyang), olesi loyang dengan sedikit minyak.
  2. Singkong yang sudah dikupas, dicuci bersih, lalu dipotong2 kecil supaya mudah diblender. Beri sedikit air agar mudah halus. Setelah itu saring dengan serbet, buang airnya. Tidak perlu sampai kering banget.
  3. Untuk membuat sari pandan agar kuenya wangi, blender 5 lembar daun pandan yang digunting2, beri air 50 ml. Kemudian saring. Kalau tidak ada daun pandan, bisa pakai pasta pandan instant yang diteteskan dalam 50 ml air.
  4. Pada wadah lain, campur bubuk agar2, larutan santan, sari pandan, dan gula pasir. Aduk rata.
  5. Tuang ke dalam wadah parutan/blenderan singkong, beri sejumput garam. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Kukus dalam panci kukusan yang sudah panas beruap, selama 30 menit, atau test dengan menusuk pakai tusukan sate. Kalau diangkat tidak ada adonan basah tertinggal pada tusuk sate, berarti sudah matang.
  7. Keluarkan dari kukusan, biarkan dingin lebih dulu baru dipotong2. Kalau masih panas, lengket dan susah dikeluarkan dari loyang 🙂 Mantap dinikmati bersama kopi atau teh. Beri taburan kelapa parut matang bila perlu.

Daun singkong memiliki warna hijau muda, hijau kekuningan, bahkan sampai hijau keunguan. Mempunyai tangkai daun yang panjang dengan warna hijau, merah, kuning. Kebaikan dan Khasiat Air Kelapa Muda. Buah kelapa muda sering dijadikan minuman segar untuk Kerana keunikan komposisinya yang sangat istimewa ia boleh diminum oleh sesiapa sahaja tanpa Fakta dan Mitos Air Kelapa.

Air kelapa muda ais mampu menghilangkan dahaga menggantikan air. Apa benar kelapa muda memiliki banyak manfaat kesehatan dibanding kelapa tua? Ketahui perbedaan manfaat kelapa muda dan kelapa tua Es kelapa muda merupakan salah satu minuman pelepas dahaga yang banyak disukai orang. Selain segar, katanya kelapa muda memiliki banyak. Главная. Olahan singkong parut lappet gadong, lemet singkong, ketimus singkong unti kelapa.

Peluang Bisnis Menggiurkan Bagi Kamu yang Baru Lulus Kuliah

Dewasa ini, jumlah lapangan pekerjaan seperti Magister hukum tak sepadan bersama dengan jumlah lulusan wisuda, dan termasuk kompetisi lapangan kerja yang ketat. Kamu yang...
luno
1 min read

PTN dengan Jurusan Kuliah Sastra Indonesia Akreditasi A

Salah satu pesan penting yang terdapat di teks Sumpah Pemuda ialah menghargai tinggi bahasa Indonesia. Sebagai identitas bangsa, para pemuda seharusnya enggak malu untuk...
luno
1 min read

Prodi S3 Ilmu Komunikasi UNS Luluskan Doktor Pertama

Program Studi (Prodi) S3 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meluluskan banyak doktor S3 pertama atas...
luno
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.