Cara Kreasi Daur Ulang Sampah Plastik dan Manfaatnya bagi Lingkungan Sekitar

1 min read

Buat kalian yang belum tau bagaimana cara kreasi daur ulang sampah plastic ayo simak cara dibawah ini.

Hampir seluruh aktivitas sehari-hari manusia tidak dapat terlepas dari plastik. Bahkan dapat dikatakan, penggunaan plastik kian mengalami peningkatan. Meski meninggalkannya 100% terbilang sangat sulit, sebenarnya Anda bisa mengurangi limbahnya dengan melakukan daur ulang sampah plastik.

Apa itu Daur Ulang Sampah Plastik?

Daur ulang sampah plastik adalah metode mengumpulkan sampah plastik kemudian mengubahnya kembali menjadi produk plastik baru dan berguna. Ide daur ulang ini didukung dengan fakta bahwa di tahun 2015 saja, dunia telah memproduksi 7,8 miliar ton plastik [1].

Jadi, dapat dikatakan, tujuan daur ulang sampah plastik adalah untuk memastikan bahwa limbahnya tidak terbuang dengan sia-sia. 

Contoh Daur Ulang Sampah Plastik

Hampir seluruh contoh daur ulang sampah plastik dihasilkan dari berbagai ide kreatif. Jadi dapat dikatakan, #BijakBerplastik dengan mendaur ulang sampah merupakan kegiatan menyenangkan yang dapat dicoba di rumah. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

1. Celengan

Salah satu contoh daur ulang sampah plastik yang paling populer yaitu celengan dari botol bekas air mineral. Selain mudah dibuat, kerajinan ini juga bebas dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk yang lucu dan menggemaskan bagi si kecil.

2. Vas bunga

Bila Anda memiliki banyak botol AQUA bekas di rumah, cobalah contoh daur ulang sampah plastik ini. Tak hanya mempercantik rumah, kreasi bijak berplastik ini juga cocok untuk Anda yang terlalu takut mengoleksi vas bunga dari kaca karena takut pecah.

3. Keranjang

Apapun bentuknya, dapat dikatakan bahwa hampir seluruh sampah plastik dapat didaur ulang. Misalnya saja seperti contoh daur ulang sampah plastik kali ini yang memanfaatkan tutup botol mineral bekas sebagai bahan utama pembuatannya. Bagaimana, terlihat menarik, bukan?

4. Inovasi Reverse Vending Machine

Dalam rangka bijak berplastik, kita meluncurkan inovasi terbaru buatan dalam negeri 100%, berupa AQUA Reverse Vending Machine (RVM) yaitu masin penukaran botol plastik. Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat untuk mengelola sampah botol plastik secara lebih mudah.

Selain itu, lewat gerakan ini, kita juga ingin mendukung program pemerintah yaitu pengurangan sampah plastik yang masuk ke lautan. Melalui reverse vending machine berikut, masyarakat bisa mengumpulkan kemasan botol plastic pasca konsumsi dengan empat langkah:

5. Recycle Business Unit

Kita selalu berkomitmen untuk mendukung penanggulangan masalah sampah plastik secara maksimal. Telah bekerja sama dengan berbagai pihak, kita menganggap bahwa sampah botol plastik dapat dimanfaatkan kembali menjadi produk yang berharga.

Upaya itu juga telah diwujudkan dengan membangun Recycling Business Unit (RBU) yaitu model bisnis sosial daur ulang untuk mengolah sampah botol plastik menjadi cacahan plastik yang dapat dimanfaatkan kembali sebagai bahan baku produk daur ulang.

Cara Daur Ulang Sampah Plastik

Untuk meminimalisir kemungkinan dampak negatif dari limbahnya, yuk mulai bijak berplastik dengan cara daur ulang sampah plastik berikut:

1. Sortir plastik ke dalam beberapa kategori

Saat sampah plastik telah terkumpul, maka yang harus Anda lakukan adalah menyortir atau memisahkannya sesuai ukuran, warna, ketebalan, dan kegunaannya. Proses ini penting demi mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mendaur ulang bahan tersebut.

2. Bersihkan sampah plastik

Setelah menyortir plastik, sebaiknya bersihkanlah terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran yang mungkin menempel. Anda bisa melakukannya dengan cukup mencuci dan membilasnya saja, tanpa perlu menggunakan sabun.

3. Kreasikan sesuai kebutuhan

Langkah terakhir, Anda dapat langsung mengkreasikan sampah plastik sesuai selera ataupun kebutuhan. Anda juga bisa mengirim limbah tersebut ke bank sampah bila memang mengalami kesulitan untuk mengelolanya.

Demikian pembahasan mengenai kreasi daur sampah plastik yang berhasil kita rangkum. Dapat disimpulkan, tujuan daur ulang sampah plastik adalah demi menekan efek negatif yang mungkin ditimbulkan sekaligus menjaga kelestarian bumi kita.

Cara Bikin Bakso Urat Yang Enak

luno
2 min read

Cara Membuat Dak Beton Tidak Bocor

Mengetahui cara sebabkan dak beton tidak bocor adalah perihal penting kecuali Anda merencanakan memperluas rumah. Dak beton sendiri bisa jadi pilihan untuk tingkatkan lantai...
luno
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.