4 Ide Cara Berbisnis Frozen Food Tanpa Modal

2 min read

Jika kamu tengah tertarik atau berencana untuk bisnis frozen food tanpa modal ada baiknya pelajari terlebih dahulu seluk beluknya. Jangan sampai asal memilih kemitraan tanpa mempertimbangkan beberapa hal, seperti jenis produk, target market, bahkan hingga modal usahanya.

Pengertian Bisnis Frozen Food Tanpa Modal

Bisnis Frozen Food Tanpa Modal merupakan jalinan kerja sama antara dua pihak, biasanya antara pengusaha besar dengan pengusaha menengah atau kecil. Dalam bisnis ini, tujuannya adalah untuk menjalin bisnis yang solid, kokoh, dan tentunya saling menguntungkan. Bentuk bisnis biasanya bersifat jangka panjang.

Contoh paling mudah dari kemitraan usaha adalah bisnis waralaba. Seseorang biasanya akan membeli franchise dari salah satu merek pengusaha. Atau dapat juga seseorang menjadi agen penjual produk dari distributor tertentu.

Frozen food adalah satu produk yang cukup orang minati sekaligus bidik sebagai usaha kemitraan. Bisnis ini bahkan makin meroket selama pandemi berlangsung hampir dua tahun ini. Banyaknya pilihan produk frozen food juga menjadi salah satu faktor pendukungnya.

Lalu, bagaimana cara menjadi partnership dari bisnis frozen food? Perhatikan dan cermati langkah-langkahnya berikut ini ya:

1. Cermati Sistem Kerja Bisnis

Tiap perusahaan atau produsen pasti memiliki aturan yang berbeda-beda akan kemitraan. Jadi, pastikan kamu benar-benar memahami sistem kerja kemitraan tersebut. Ingat, bisnis kemitraan sifatnya jangka panjang. Jangan sampai ada hal-hal dalam aturan yang terlewat karena kurang teliti.

Pahami betul standard operational procedure (SOP) yang perusahaan atau distributor tawarkan. Tanyakan hal-hal yang sekiranya kurang kamu mengerti, terlebih soal harga jual. Perusahaan biasanya juga sudah menetapkan harga jual dan kisaran harga yang dapat agen atau rekan kemitraan jual.

2. Pilih Produk Frozen Food yang Tepat

Selanjutnya, tentukan produk frozen food yang hendak kamu jual. Sekarang ini frozen food banyak hadir dalam berbagai makanan. Mulai dari nugget, kentang goreng, sayuran beku, otak-otak, daging beku, ayam beku, dan lain-lain. Tidak semua jenis frozen food harus kamu jual loh.

Pilihan produk frozen food tersebut nantinya akan menjadi citra atau branding dari usaha kemitraan yang kamu jalankan. Cukup fokus pada satu atau dua produk frozen food saja. Yang terpenting adalah menjaga kualitas dari produk hingga ke tangan konsumen.

3. Identifikasi dan Tentukan Target Market yang Sesuai

Setelah memilih jenis produknya, langkah yang kamu lakukan berikutnya adalah mengidentifikasi target market. Kira-kira kepada siapa produk frozen food tersebut akan kamu jual. Apakah untuk keluarga besar, usia dewasa, muda, atau remaja? Menentukan target market akan mempermudah rencana promosi ke depannya.

Misalnya, jika target marketmu adalah milenial dan generasi muda, kamu dapat menjualnya lewat media sosial seperti Instagram. Lain lagi andai sasarannya adalah para ibu dewasa. Penjualan dan pemesanan lewat WhatsApp jauh lebih cocok dengan target market tersebut.

4. Cek Kebutuhan Peralatan dan Siapkan Modal

Meski bentuknya hanya kemitraan usaha frozen food, bukan berarti kamu tidak menyiapkan peralatan tertentu. Seperti kamu tahu, produk frozen food butuh media penyimpanan dalam suhu rendah. Itu artinya kamu harus menyiapkan freezer atau mesin pendingin guna menjaga kualitas produk dari produsen tetap terjaga.

Andai produsen tidak menyiapkan packaging khusus, maka kamu mesti memiliki kemasan untuk membungkus frozen food tadi. Pastikan kemasan tersebut kedap udara dan tidak mudah bocor. Ingat, produk frozen food mudah rusak jika terkontaminasi udara luar ataupun bakteri.

Dari kebutuhan peralatan yang ada, kamu dapat membuat estimasi modal yang kamu butuhkan. Biaya untuk kemitraan ini biasanya meliputi peralatan dan biaya operasional (toko, listrik, dan lain-lain). Persiapkan modal serinci mungkin sebelum benar-benar hendak memulai kemitraan frozen food ya.

Itulah tadi beberapa hal yang mesti kamu perhatikan jika tertarik untuk menjalankan bisnis frozen food tanpa modal Jangan lupa lakukan review ulang tentang perjanjian partnership serta persiapkan alat penunjang sebaik mungkin ya!

Cara Bikin Bakso Urat Yang Enak

luno
2 min read

Cara Membuat Dak Beton Tidak Bocor

Mengetahui cara sebabkan dak beton tidak bocor adalah perihal penting kecuali Anda merencanakan memperluas rumah. Dak beton sendiri bisa jadi pilihan untuk tingkatkan lantai...
luno
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.